One Eighty

Tempat Ngopi Kekinian

 Satu lagi destinasi menikmati kopi di kota Bandung yang berada di Jalan Ganesha No.3, One Eighty. Menempati sebuah bangunan heritage yang tetap dipertahankan sebagai cagar budaya di bagian depan, dan bangunan modern bergaya industrial di belakangnya. Tepat di tengah bangunan, bar counter 360 derajat yang terbagi menjadi dua, 180 derajat beverages bar dan 180 derajat sandwich bar, angka yang menginspirasi namanya.

 

            Sejak dibuka 15 Juli 2016, kafe ini menjadi destinasi favorit di kota Bandung. Kopi dan musik menjadi konsep utama One Eighty Coffee & Music yang dimiliki Alvin Theardy, dan menjadi anak cabang ketiga dari Prima Rasa Group, yang bergerak dalam bidang kuliner.  Selain kopi dan musik, beberapa menu menjadi favorit pengunjung yang didominasi mahasiswa dan keluarga. Kafe ini menata interiornya dengan cara yang unik. “Di bagian tengah menjadi pusat kegiatan kafe dengan adanya bar counter yang terbuka. Aktivitas di area ini bisa langsung dilihat pengunjung,” jelas Arif Setiabudi, Supervisor One Eighty Coffee & Music.

            Penataan interior mengusung tema industrial. Terlihat pada pilihan furnitur yang sebagian besar menggunakan material besi dan kayu. Posisi layout mengikuti bentuk kafe yang melingkar. Terdapat beberapa dekorasi yang menarik seperti rak buku yang menyimpan beberapa bacaan yang bisa dilihat pengunjung sambil menunggu pesanan atau kawan yang belum datang. Ada juga kolam, tempat berendam kaki sambil menikmati sajian kopi One Eighty. “Area kolam salah satu favorit pengunjung apabila cuaca mendukung, jadi spot untuk berfoto. Area ini berkapasitas 75 tempat duduk,” ujar Arif.

             One Eighty memiliki area makan lain di lantai dua. Di lantai tersebut juga tersedia sajian live music yang bisa dinikmati setiap harinya atau tergantung pada momen tertentu. Daya tampung keseluruhannya menjadi 275 tempat duduk, namun bisa disesuaikan untuk acara tertentu. Selain keunikan tempat, kafe ini menyajikan makanan halal dan berkualitas dengan jenis menu western, light bite, brunch choice, lokal, minuman segar, kopi, dan lainnya. “Kopi dan live music menjadi sesuatu yang khas di kafe ini selain interiornya,” tegas Arif.