Di dalam bidang arsitektur terdapat istilah membuat panorama alam di dalam hunian disebut panoramik. Pada dasarnya, panoramik memiliki konsep, menciptakan ruangan yang menyuguhkan pemandangan indah di luar sehingga menambah estetika ruangan tersebut.

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat panoramik sendiri di rumah :

Membuat taman di luar
Jika rumah Anda tidak memiliki panorama (bukan di bukit atau tepi pantai), maka tugas pertama Anda adalah menciptakan panorama itu sendiri. Cara termudah, buat taman di luar ruangan, seperti taman di halaman belakang atau depan. Bisa juga menyisakan space kecil di bagian luar kamar.

Menggunakan jendela besar
Langkah kedua, gunakan jendela besar. Pastikan jendela tersebut mengarah ke pemandangan taman. Anda dapat menerapkan penggunaan jendela kaca besar pada ruang keluarga, ruang tamu, atau kamar tidur. Penggunaan jendela kaca pada ruangan juga membuat ruang seperti menyatu dengan panorama di luar. 

Arahkan ke pemadangan terbaik
Langkah terakhir adalah menata ruang sebaik mungkin. Tujuan konsep panoramic view pada hunian adalah untuk dinikmati penghuni. Untuk itu Anda harus fokus untuk selalu mengarahkan penghuni ke view terbaik. Tata sofa, ruang makan, kursi santai dan sebagainya ke arah view di luar, bukan sebaliknya.

Rubrik Lainnya
Leave Comments
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi home.co.id. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.