Selain sebagai tempat tinggal, tidak dipungkiri kalau rumah juga jadi sarana investasi. Maka itu, rumah perlu dirawat dan dijaga keutuhannya. Kalaupun direnovasi, lakukanlah perubahan yang bisa menambah nilai atau harga jual rumah, Bukan yang malah menjatuhkan harga atau membuat rumah sulit untuk dijual.

Bahayanya, memang ada beberapa macam renovasi yang bisa membuat rumah sulit dijual. Berikut ulasannya.

Renovasi berlebihan pada kamar tidur
Kamar tidur merupakan cerminan dari kepribadian seseorang. Makanya, setiap individu umumnya mendesain kamar tidur sesuai kehendak hatinya. Namun, beda halnya jika menerapkan desain sesuka hati pada kamar tidur dalam rumah yang hendak dijual. Jika calon pembeli beda selera, bisa jadi dia urung membeli rumah. Maka ada baiknya kamar tidur tidak dipoles sedemikian rupa guna menghindari kerugian di masa akan datang.

Mendekorasi dapur
Beberapa pemilik rumah semangat merenovasi dapur. Harapannya, calon pembeli akan langsung terpikat. Tapi sayang, calon pembeli justru berpikir tata letak dan dekorasi dapur Anda kurang menarik. Mereka meminta kita mengubahnya ke desain yang diinginkan, atau batal membeli rumah yang kita jual. Baiknya, terapkanlah renovasi standar pada dapur.

Melengkapi rumah dengan kolam renang
Meski rumah mempunyai sisa lahan yang sangat memadai, sebaiknya pikirkan kembali niat untuk membangun kolam renang. Sebab, tidak semua orang menginginkan fasilitas tersebut. Bahkan bisa jadi, calon pembeli sudah takut harga rumah mahal karena dilengkapi kolam renang.

Rubrik Lainnya
Leave Comments
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi home.co.id. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.