Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) adalah ruang publik berupa ruang terbuka hijau atau taman yang dilengkapi dengan berbagai permainan menarik, pengawasan CCTV, dan ruangan-ruangan yang melayani kepentingan komunitas yang ada di sekitar lokasi, seperti ruang perpustakaan, PKK Mart, ruang laktasi, dan lainnya.

RPTRA juga dibangun tidak di posisi strategis, tetapi berada di tengah pemukiman warga, terutama lapisan bawah dan padat penduduk, sehingga manfaatnya bisa dirasakan oleh warga di sekitar.

RPTRA, yang diinisiasi oleh Pemprov DKI Jakarta di bawah kepemimpinan Gubernur Basuki Tjahaja Purnama dibangun sebagian besarnya dengan menggunakan sumbangan dana Corporate Social Responsibility, salah satunya adalah Mowilex Indonesia.

Pada 29 April 2019 hingga 26 Juni 2019, Mowilex Indonesia melaksanakan program Corporate Social Responsibility (CSR) berkelanjutan pada bidang kelestarian lingkungan melalui revitalisasi RPTRA Utama Cengkareng Barat. Program ini ditempuh untuk menyemarakkan hari jadi DKI Jakarta yang ke-492.

Ditemui dalam acara, Yoyok Setio Hermanto, Human Capital Division Head Mowilex Indonesia menyebutkan bahwa, program ini terlaksana atas kolaborasi dengan Pemerintah Kecamatan Cengkareng dan Sudin Pemberdayaan Perlindungan anak dan pengendalian penduduk (PPAPP) Kota Jakarta Barat untuk secara bersama  sama mempelajari bagaimana berkreasi untuk mempercantik RPTRA agar makin menarik dan layak bagi anak-anak sekitar.

Lebih lanjut Yoyok menerangkan bahwa sejumlah karyawan Mowilex Indonesia turun secara sukarela dan langsung mengajarkan Pasukan Orange dan komunitas sekitar untuk merawat fasilitas yang sudah ada. 

Mowilex Indonesia menyadari pentingnya pencapaian program pemerintah untuk menciptakan Kota Layak Anak sebagai bagian dari pembangunan berkelanjutan. Perusahaan cat premium ini meyakini bahwa anak  anak merupakan calon pemimpin masa depan yang membutuhkan ruang publik untuk belajar dan bermain. 

Acara ini merupakan puncak dari implementasi CSR berkelanjutan dan community development yang telah diimplementasikan di Kota Jakarta Barat di 6 RPTRA pada masing  masing kelurahan di wilayah Kecamatan Cengkareng. 

Diharapkan acara ini mampu meningkatkan wajah Provinsi DKI Jakarta, sebagai Ibu Kota Negara Indonesia, mengingat tata kota dan estetika ruang publik memegang peranan penting bagi wajah sebuah kawasan sipil.

Rubrik Lainnya
loading...
Leave Comments
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi home.co.id. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.