Sekat merupakan alternatif utama jika ingin menambah ruang pada sebuah rumah. Tapi di sisi lain, sekat bisa membuat hunian terasa sempit. Terlebih jika rumah tersebut berukuran kecil atau mungil, sekat malah bisa membuat rumah terasa sesak. Maka itu, dalam hal ini Anda harus teliti memilih jenis sekat. Pilih yang bisa membagi ruang, tapi tidak mempersempit ruangan. Beberapa jenis sekat yang dimaksud antara lain:

Sekat berongga
Sekat berongga bisa berupa untaian ornamen atau beberapa partisi kecil seperti kawat, yang menggantung dari atas ke bawah. Sekat ini juga bisa dikombinasikan dengan tanaman supaya terlihat lebih menarik. Dengan sekat model ini, ruangan bisa terbagi tanpa mengurangi luas ruangan. Soalnya, sekat terbilang ringan dan mudah dipindahkan.

Sekat tanaman
Tanaman hias Sansevierla atau lebih dikenal sebagai lidah mertua, sudah dikenal sebagai tanaman hias yang cocok untuk mempercantik rumah. Selain mudah dirawat, tanaman lidah mertua ini hanya membutuhkan sedikit air dan cahaya matahari untuk bertahan hidup. Coba letakkan tanaman lidah mertua dibalik sofa ruang tamu. Pilihlah lidah mertua dengan panjang lebih dari 30 cm daripada tinggi sofa. Ini untuk mendapatkan kesan sekat ruang tamu yang Anda inginkan. Tekstur lidah mertua yang rapat dan tebal akan membatasi pandangan dari ruang tamu, sekaligus membuat ruangan terasa lebih asri.

Sekat indah dari manik
Tirai indah yang terbuat dari manik tidak hanya membatasi pandangan dari arah ruang tamu, tapi juga menjadi sekat ruangan yang tepat kalau Anda tidak mau ruangan atau interior rumah terasa sempit dan sesak. Kalau Anda merasa tidak cocok dengan desain manik sebagai tirai sekat ruang tamu, bisa juga memakai tirai dari kerang laut.

Rubrik Lainnya
loading...
Leave Comments
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi home.co.id. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.