Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), geometri berarti cabang matematika yang menerangkan sifat-sifat garis, sudut, bidang, dan ruang. Pada kamus yang sama, geometri juga diartikan sebagai ilmu ukur. Itulah mengapa, karya seni rupa yang terdiri dari sejumlah garis, sudut, bidang serta ruang, disebut sebagai seni geometris.

Meski hanya terdiri dari garis-garis tegas atau nyata, seni geometris tetap mampu menghadirkan sebuah kendiahan. Bukti dari hal tersebut dapat dilihat pada sebuah area parkir di Sain-Gervais Mont Blanc, Perancis. Area parkir yang sejatinya hanya terdiri dari ruang atau lot parkir, tiang dan dinding beton, nampak memesona dengan artwork berupa lukisan geometris. Bahkan, lukisan ini mampu menciptakan serangkaian ilusi optik.

Lukisan geometri pada dinding, langit-langit, dan tiang beton area parkir ini dibuat oleh Elian Chali, seniman asal Argentina. Teknik anamorphic yang diterapkannya mampu mempermainkan ilusi mata menjadi bentuk 3 dimensi pada titik penglihatan yang tepat. Bentuk-bentuk geometri dasar seperti segitiga, menjadi materi utama dalam pembuatan ornamen di setiap dinding area parkir tersebut.

Efek yang ditimbulkan memang sangat menakjubkan. Ada beberapa segitiga yang membentang puluhan meter dan melintasi langit-langit lalu jatuh ke lantai sebagai akhir. Potongan-potongan bentuk geometri berwarna cerah itu bisa terlihat sangat jelas ketika pengendara mobil melihatnya dari titik yang tepat. Ini membuat  perjalanan dari pintu masuk menuju area parkir menjadi wahana yang menarik.

Sumber : Weburbanist

Rubrik Lainnya
loading...
Leave Comments
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi home.co.id. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.