Sebuah pertanyaan tentang cara menghidupkan sudut ruang datang dari Aji di Bandung, ditujukan kepada arsitek Yudhi Yogaswara. Berikut ini artikel tanya-jawabnya.

Pertanyaan:

Dear Arsitek, 

Di rumah saya terdapat beberapa sudut ruang yang tidak bisa diolah maksimal. Bagaimana cara mengolah sudut tersebut agar rumah terasa hidup? Mohon sarannya!

Aji, Bandung 

Jawaban:

Dear Pak Aji,
Ada beberapa cara untuk menghidupkan sudut dalam rumah. Pertama, jadikan sudut tersebut sebagai ruang duduk. Pilih sofa bentuk L dengan meja kecil, dilengkapi bingkai foto, gambar, atau lukisan pada dinding. Selain menghidupkan sudut ruang, sudut juga berfungsi sebagai tempat bersantai atau menerima tamu.

Kedua, jadikan sudut menjadi reading corner dengan kursi, side table dan rak buku. Jika sudut tersebut dekat jendela, manfaatkan semaksimal mungkin cahaya dari jendela dengan membuat tempat duduk nyaman di bawahnya, dengan rak buku di dinding terdekat. 

Ketiga, jadikan sudut ruang sebagai ruang kerja di rumah. Lengkapi dengan meja, kursi, dan rak gantung untuk menyimpan buku dan alat kebutuhan bekerja. Keempat, sudut ruang dekat jendela bisa dijadikan sebagai ruang makan atau breakfast corner berbentuk L atau U tergantung luasannya.

Bisa juga memfungsikan sudut sebagai ruang hobi, seperti ruang musik dengan piano atau gitar di sudut plus rak untuk buku-buku tutorial. Jika sudut ruangnya kecil, bisa ditambah rak gantung untuk buku, pajangan atau art work lainnya. Bahkan ruang di bawah tangga bisa dijadikan ruang duduk mungil dilengkapi dengan bantalan dan laci penyimpanan.

Semoga membantu!

Terima kasih 

Best regards, 
Yudhi Yogaswara ST
 

Rubrik Lainnya
loading...
Leave Comments
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi home.co.id. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.