Untuk membangun sebuah rumah yang efisien memang diperlukan seorang yang ahli dibidangnya yakni jasa arsitek. Selain dapat membuat tampilan rumah menjadi menarik, fungsi tiap ruang juga akan dipikirkan oleh arsitek dalam membangun rumah. Hal ini dapat berdampak baik bagi penghuni rumah karena bisa mendapatkan beberapa keuntungan yang membuat penghuni rumah merasa lebih nyaman di dalam rumah.

Berikut lanjutan keuntungan yang didapat oleh penghuni rumah dengan menggunakan jasa arsitek dari nomor 4 hingga 5 :

4. Paska Terbangun Lebih Terjaga
Dalam proses pembangunan, tentu arsitek akan mengawasi dan mengontrol prosesnya, memastikan gambar kerja terbangun dengan presisi. Setelah terbangun, Anda akan mendapatkan file-file gambar yang dibutuhkan. Seperti gambar denah, site plan, gambar detil struktur dan lainnya.  Arsitek juga bisa memberimu referensi desainer interior, ahli taman, bahkan desainer pencahayaan (lighting) jika dibutuhkan.

5. Soal Fee Arsitek
Di samping keuntungan di atas, hal lain yang perlu Anda tahu tentu soal imbalan. Dalam menggunakan jasa arsitek, ada dua jenis fee atau imbalan.

Berikut gambarannya:

Pertama, jika Anda deal hanya dengan jasa desain saja (pemborong punya atau pakai referensi sendiri), maka Anda hanya akan dikenakan biaya per meter persegi.

Kedua, jika deal dengan proses desain dan built, maka umumnya Anda akan dikenakan 7% dari nilai fisik bangunan atau konstruksi yang tercantum di RAB atau rencana anggaran biaya yang akan dibangun.

Rubrik Lainnya
loading...
Leave Comments
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi home.co.id. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.