Ada banyak faktor yang menyebabkan tanaman yang ditanam di rumah tidak tumbuh subur. Tapi, ada tiga faktor yang jarang diketahui orang. Padahal, ketiga faktor ini merupakan alasan bisa atau tidaknya tanaman tumbuh subur di sekitar rumah. Ketiga faktor itu antara lain:

Daerah tempat tinggal

Tidak semua tanaman dapat tumbuh di berbagai tempat. Sebab itu, pahamilah daerah tempat tinggal Anda—baik dari jenis tanah, kelembapan udara, air tanah, hingga suhunya. "Lihatlah karakteristik area kebun Anda, dari paparan iklim hingga mataharinya," kata Brian Sullivan, Wakil Presiden untuk Kebun, Lanskap, dan Koleksi Luar di The New York Botanical Garden. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui jenis tanaman apa saja yang bisa Anda tanam.

Tanah
Untuk mengetahui tentang kadar pH dan nutrisi tanah Anda, kirimkan sampel tanah itu ke laboratorium pembibitan lokal. Dari situ, Anda bisa tahu seberapa asam atau basa tanah Anda. Ini akan memengaruhi bagaimana tanaman menyerap nutrisi, serta tanaman apa saja yang bisa tumbuh dengan baik di sekitar rumah Anda. Tes ini juga akan menunjukkan bagaimana Anda harus merawat tanah.

Salah tanaman

"Tumbuh sayuran adalah pengantar yang menyenangkan untuk berkebun," kata Sullivan. Mereka tidak butuh waktu lama untuk tumbuh. Jadi jika Anda membuat kesalahan, Anda tidak akan menyia-nyiakan waktu berbulan-bulan untuk panen yang gagal. Nah, jika sukses dengan sayuran, Anda bisa melanjutkannya ke tanaman lain yang lebih rumit atau butuh perawatan dan perhatian ekstra. Percobaan ini penting dilakukan sebelum Anda menanam tanaman yang Anda inginkan di sekitar rumah.

Rubrik Lainnya
loading...
Leave Comments
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi home.co.id. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.