Jangan hanya berpikir har ga dan lokasi saat akan membeli atau menjual rumah. Sebab, kedua hal itu hanyalah sebagian kecil dari banyak faktor yang harus diperhatikan dalam menjual atau membeli properti. Bahkan, ada hal yang lebih penting selain lokasi dan harga, yakni waktu. Waktu yang tepat bisa membuat seseorang mudah menjual rumah, atau mendapatkan rumah sesuai dengan yang diharapkan.

Melanjutkan artikel sebelumnya, berikut adalah beberapa indikator yang bisa menjadi penanda waktu pas membeli atau menjual rumah.

3. Perhatikan “Property Clock”

Tahukah Anda bahwa properti memiliki siklus berulang dari waktu ke waktu? Dikutip dari tulisan F.Rach Suherman, CPA yang pernah dipublikasikan pada harian Seputar Indonesia, Property clock merupakan sebuah siklus yang terbagi pada empat satuan market sentiment. Pertama adalah buyer’s market, soft market, seller’s market, dan weak market. Untuk itu, sangat penting untuk Anda mengetahui sedang di ‘jam’ berapakah kondisi properti saat ini.

4. Tunggu waktu tepat

Banyak orang yang merasa frustasi karena rumah yang dipasarkan tak kunjung laku. Perlu dipahami bahwa membeli rumah adalah keputusan yang besar, terlebih bagi mereka yang berpenghasilan rendah dan tidak memiliki tabungan untuk membayar uang muka. Pada kondisi properti yang krisis, tidak ada salahnya untuk mengalihkan misi menjual rumah menjadi menyewakan rumah.

Rubrik Lainnya
loading...
Leave Comments
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi home.co.id. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.