Saat memutuskan untuk menjual atau membeli rumah, orang umumnya hanya mempertimbangkan harga dan lokasi. Namun terlepas dari kedua hal tersebut, ternyata ada banyak hal yang harus dipertimbangkan. Maka itu, selain harga dan lokasi, ada baiknya Anda juga menunggu momen atau waktu yang tepat. Hal ini tentunya bisa membantu Anda menjual rumah, atau mendapatkan rumah sesuai dengan yang diharapkan.

Di adaptasi dari artikel Zillow, berikut ini beberapa indikator yang bisa menjadi penanda waktu pas membeli atau menjual rumah.

1. Pelajari Kondisi

Sebelum menjual atau membeli rumah, usahakan untuk mempelajari kondisi properti yang berlaku di lokasi tujuan. Lakukan riset sederhana dengan bertanya dengan pakar properti seperti broker agar mendapat wawasan terkini. Jika ingin lebih simpel, Anda bisa mengikuti perkembangan berita terkait properti untuk dapat mengetahui kondisi pasar.

2. Pertimbangkan fluktuasi suku bunga

Banyak orang yang mengandalkan fasilitas KPR untuk membeli rumah. Untuk itu, suku bunga adalah pertimbangan jangka panjang yang sangat penting. Pada tahun-tahun pertama, mungkin Anda akan merasa diuntungkan oleh suku bunga rendah, namun pada tahun ketiga dan selanjutnya, kenaikan suku bungu bisa memberi pengaruh besar untuk porsi pengeluaran bulanan rumah tangga.

Rubrik Lainnya
loading...
Leave Comments
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi home.co.id. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.