Target pasar beberapa pengembang adalah para pebisnis properti, orangtua yang anaknya mau kuliah, atau pun pemodal properti yang mau menyewakannya ke mahasiswa. Selain pemasaran secara langsung ke konsumen akhir, pengembang juga harus menggandeng kampus dan perhimpunan alumni untuk penjualan secara masif.

Pengembang perlu menyusun strategi untuk memanfaatkan potensi pasar properti residensial dengan segmentasi mahasiswa di mana mereka memilih unit yang simpel mulai dari tipe studio dan 1 kamar tidur, disertai fasilitas akses internet, kolam renang, gym, fitness center, jogging track, shuttle bus, student center, hingga gerai makanan modern.

Apartemen juga harus dapat mengakomodasi kebutuhan mahasiswa terhadap fasilitas teknologi digital, keamanan, dan privasi 24 jam penuh. Ditambah fasilitas penunjang gaya hidup lainnya seperti kafe, minimarket, dan lain sebagainya. Pengembang juga dapat menawarkan asisten kebersihan untuk unit apartemen. 

Ceruk pasar apartemen segmen mahasiswa ini masih mumpuni dengan rentang harga Rp300-600 juta. Sebagian besar unit biasanya dibeli secara tunai keras, sedangkan sisanya via kredit pemilikan apartemen, serta cicilan lunak.

Yang perlu diperhatikan pengembang adalah umumnya generasi milenial belum memiliki dana yang cukup untuk membayar uang muka, maka pengembang perlu bekerjasama dengan perbankan untuk memberikan kemudahan dalam pengajuan kredit, sehingga para mahasiswa akan segera tertarik mengajukan diri untuk mulai membeli unit apartemen.

Melalui berbagai macam promosi antara lain uang muka rendah, cicilan bertahap, dan pola kemudahan lainnya. Pengembang harus fokus berstrategi untuk produk properti baru seperti apartemen mahasiswa ini lebih kreatif lagi bagi konsumen anak muda. 

David Cornelis
Praktisi Properti
davidcornelism@gmail.com

Rubrik Lainnya
loading...
Leave Comments
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi home.co.id. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.