Furnitur berbahan kayu memiliki kelebihan dari segi tampilan. Tapi seiring berjalannya waktu dan pemakaian yang berkelanjutan, elemen furnitur ini bisa terlihat kusam. Butuh pengecatan ulang untuk menyegarkan tampilan dan membuatnya kembali terlihat menarik. Tapi, bagaimana cara mengecat ulang furnitur kayu ini?

Mengecat ulang furnitur berbahan kayu memang tidak semudah kelihatannya. Anda juga memerlukan langkah-langkah yang tepat dalam hal ini. Sedikit salah langkah, bisa jadi furnitur bukan terlihat menarik seperti baru, melainkan seperti barang bekas yang tidak terurus. Selain itu, Anda juga perlu teliti dan hati-hati supaya pengaplikasian cat tampak rapi.

Sebagai panduan mengecat ulang furnitur berbahan kayu, baiknya simak langkah-langkahnya di bawah ini!

Alat dan Bahan yang dibutuhkan:

-Cat
-Ampelas
-Dempul
-Kuas
-Pernis

Langkah-langkah :

1. Kikis lapisan cat lama pada furnitur kayu dengan mengampelas seluruh permukaannya. Lakukan secara hati-hati agar tidak menimbulkan goresan yang cukup dalam.

2. Ulangi proses pengampelasan sekali dengan memakai ampelas yang bertekstur lebih halus. Langkah ini dilakukan untuk menghaluskan dan meratakan permukaan furnitur kayu tersebut.

3. Jemur kayu di bawah sinar matahari selama 3-5 hari supaya urat-urat kayunya timbul keluar dan terlihat jelas. Hal ini akan membuat tampilan furnitur tampak semakin memesona serta bernilai seni tinggi.

4. Ampelas sekali lagi furnitur kayu tersebut untuk memastikan permukaannya benar-benar halus dan rata.

5. Terapkan dempul guna menutup permukaan furnitur yang retak atau bolong. Biasanya bagian sudut-sudut furnitur rawan akan hal ini.

6. Kuaskan cat dengan warna sesuai pilihan ke permukaan furnitur secara merata. Disarankan pakai cat yang mengandung formula anti-rayap sehingga furnitur terlindungi.

7. Untuk mengkilapkan permukaan furnitur sekaligus melindunginya, Anda bisa memoleskan pernis. Penggunaan pernis cukup tipis saja dan menyelubungi seluruh permukaan furnitur.

Rubrik Lainnya
loading...
Leave Comments
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi home.co.id. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.