Setelah ditinggal mudik lebaran, kondisi rumah pasti kotor. Kotoran ini umumnya karena debu dan ulah hewan pengerat yang masuk rumah. Di samping itu, rumah juga akan memiliki bau kurang sedap karena kondisinya tertutup rapat selama ditinggal. Agar kembali nyaman ditempati, tentunya rumah harus dibersihkan. Nah, melanjutkan artikel sebelumnya, berikut adalah langkah atau step by step membersihkan rumah setelah ditinggal mudik.

Beralih ke dapur
Setelah membersihkan kamar, segera periksa dapur Anda. Lihat apakah Anda meninggalkan piring kotor yang lupa bersihkan atau tidak. Jika ada, segera dibersihkan karena itu bisa jadi sumber bau tak sedap di rumah. Jangan lupa juga untuk membersihkan peralatan makan atau memasak yang sudah bersih sebelum memakainya. Sebab biasanya, debu-debu menempel di peralatan dapur.

Cuci baju kotor
Sebelum pergi, bisa jadi Anda tidak sempat mencuci  baju. Sehingga, baju-baju kotor Anda telah menumpuk cukup lama di rumah. Baju kotor yang menumpuk dalam waktu lama bisa menimbulkan bau tak sedap di rumah. Segera cuci baju-baju kotor tersebut, ditambah baju kotor yang Anda bawa selama meninggalkan rumah. Jika tidak ada tenaga untuk melakukannya, Anda bisa memanfaatkan jasa laundry.

Bersihkan teras
Bagian teras adalah bagian rumah yang paling mudah dan cepat kotor ketika ditinggal. Terlebih, jika rumah Anda terletak di pinggir jalan besar, di mana banyak kendaraan yang lalu lalang di depannya. Pastinya banyak debu yang bertebaran di teras. Jika Anda memang punya banyak waktu membersihkan rumah, jangan lupakan bagian ini.

Rubrik Lainnya
loading...
Leave Comments
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi home.co.id. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.