Beberapa perawatan rutin seperti penyiraman, pemberian pupuk, hingga penempatan pada area yang tersinari matahari itu penting untuk tanaman hias yang ada di rumah. Sebab, beberapa hal itu dibutuhkan tanaman agar tetap hidup dan tumbuh subur. Namun, bagaimana jika si pemilik tanaman pergi meninggalkan rumah untuk waktu yang cukup lama, seperti mudik lebaran misalnya? Jika memang kondisinya seperti itu, tanaman harus dirawat secara khusus.

Melanjutkan artikel sebelumnya, berikut adalah beberapa perawatan khusus yang bisa diberi pada tanaman sebelum ditinggal untuk waktu yang cukup lama.

Menambah kesuburan tanah
Hal ini bisa dilakukan dengan menaburkan ampas teh pada tanaman. Caranya, rendamlah ampas teh ke dalam air, kemudian keesokan harinya siramkan pada tanaman. Cara ini efektif untuk menyuburkan tanaman hias di rumah. Di sisi lain, cara ini terbilang hemat dan efisien dalam perawatan tanaman.

Selain ampas teh, cara lain yang bisa dilakukan untuk menambah kesuburan tanah dan tanaman adalah dengan menggunakan kulit pisang. Ini bisa terjadi karena kulit pisang juga memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi. Sebagaimana kita tahu, kalsium merupakan salah satu zat yang dibutuhkan oleh tanaman. Cara pemanfaatan kulit pisang ini adalah dengan menumbuknya hingga halus, kemudian larutkan ke dalam air dan siramkan pada tanaman.

Rubrik Lainnya
loading...
loading...
Leave Comments
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi home.co.id. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.