Setiap hunian memerlukan desain dapur yang sehat. Sebab dapur adalah bagian terpenting di dalam rumah untuk menghasilkan makanan tapi juga mengeluarkan bau-bauan dari hasil masakan. Untuk itu, merancang dapur yang sehat adalah penting untuk kesehatan semua penghuni rumah. Tentu saja yang terutama, bagaimana caranya dapur harus tetap mempunyai sirkulasi udara ke luar. Tapi jika terpaksa tingga di apartemen atau hunian sempit, cara lain  untuk mengeluarkan asap dan bau masakan adalah dengan penggunaan cooker hood atau penghisap asap dapur.

Desain Dapur yang Sehat

Desain dapur yang sehat tentu idaman semua orang. Keberadaan dapur selalu diperlukan dalam setiap hunian, baik di rumah atau apartemen. Paling tidak, kita memerlukan tempat untuk menghangatkan makanan yang kerap kita sebut sebagai pantry. Jadi, pantry adalah dapur simpel yang harus tetap ada, meski di rumah atau apartemen berlahan terbatas sekali pun. 

Merancang dapur yang sehat,  bisa diawali dengan merencanakan peletakan dapur. Jika kita memilih membuat dapur di depan area rumah, itu memudahkan untuk mendesain dapur yang sehat karena mempunyai bukaan ke luar rumah. Dengan jendela berukuran besar, sirkulasi udara di dapur bisa mengalir dengan lancar. Selain itu, view ke arah taman juga membuat dapur menjadi tempat yang menyenangkan untuk memasak.

Manfaatkan Cooker Hood

Merancang desain dapur yang sehat, bukan hanya persoalan bukaan besar ke arah luar rumah saja. Tapi desain dapur sehat juga mengutamakan kehigienisan peralatan dapur yang dipakai. Kebersihan dapur patut dijaga untuk menghasilkan masakan yang sehat. Bahkan, rak-rak penyimpanan juga meski rapi dan bersih agar semua kuman bisa dihindari. Meja island di dapur yang digunakan untuk mempersiapkan masakan, menjadi sebuah kebutuhan yang juga diinginkan semua orang yang punya hobi memasak.

Desain dapur yang sehat memang menjadi idaman semua orang. Jadi, meski dapur diletakan di lahan terbatas dengan sirkulasi udara yang tidak memungkinkan membuat jendela ke arah luar, bisa memanfaatkan coocker hood atau alat penghisap asal dapur. Pilih cooker hood yang memang bisa maksimal menghisap asal dapur, hingga meski kita tinggal di apartemen yang tanpa bukaan di dapur sekali pun, acara masak tidak akan mengganggu.

Rubrik Lainnya
Leave Comments
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi home.co.id. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.