Museum bukan hanya tempat untuk menyimpan dan menampilkan barang-barang sejarah. Tapi, museum juga punya peran besar dalam memberi ilmu pengetahuan kepada generasi penerus. Maka itu, agar museum terus diminati, tempat ini harus tampil menarik. Bukan hanya dari benda koleksinya, tapi juga dari arsitektur atau struktur bangunannya.

Museum yang tampil dengan arsitektur menarik memang telah diterapkan dan dibangun di berbagai negara. Bahkan, beberapa di antaranya bisa dibilang sebagai museum dengan arsitektur yang menawan. Itu karena museum-museum tersebut dirancang oleh arsitek dunia. Mereka berhasil mengolaborasikan antara konsep, tujuan pembangunan, serta pemanfaatan museum. Beberapa museum yang memiliki arsitektur mengagumkan itu antara lain:

Musée d’Orsay, Paris, Perancis
Museum ini menggunakan bekas stasiun kereta api. Beberapa bagian dari stasiun ini dipertahankan, salah satunya adalah jam stasiun. Museum ini merupakan contoh gerakan Beaux-Ars di Perancis. Museum ini dirancang oleh Gae Aulenti, Victor Laloux, dan Émile Bénard.

Natural History Museum, London, Inggris
Museum ini mempunyai desain unik di bagian dalamnya, di mana di setiap ruangan didesain untuk sesuai dengan tema benda yang dipajang. Seperti desain sejarah alam, lukisah hewan, serta ukiran detail pada beberapa blok museum. Museum ini dirancang arsitek Alfred Waterhouse.

Museum Guggenheim, New York, Amerika Serikat
Museum yang didesain oleh Frank Lloyd Wrigth ini mempunyai desain spiral yang unik. Dibutuhkan waktu 16 tahun untuk menyelesaikan bangunan museum ini. Dengan desain unik ini, barang yang dipamerkan disusun dari atas ke bawah.

Rubrik Lainnya
loading...
Leave Comments
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi home.co.id. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.