Hebel dan bata merah merupakan dua material yang kerap digunakan sebagai bahan pembuatan konstruksi bangunan, khususnya dinding. Meski digunakan untuk keperluan yang sama, namun khalayak kerap merasa bingung untuk memilihnya. Pertanyaan yang umumnya ada di benak mereka adalah: mana yang lebih baik sehingga bisa dijadikan pilihan?

Agar bisa memilih dengan tepat, baiknya Anda memahami kekurangan dan kelebihan dari masing-masing material tersebut. Berikut uraiannya.

Keunggulan dan kelemahan bata merah
Batu bata merah terkenal kuat, tahan api, murah, mudah membentuk bidang kecil. Untuk mengaplikasikanya, tidak diperlukan perekat khusus. Satu lagi keunggulan dari batu bata merah adalah minim bocor atau merembes air.

Ada juga beberapa kelemahan batu bata. Seperti ukuran yang tidak seragam, misalnya. Hal ini membuat susunan batu bata jadi kurang presisi. Untuk mengakali kekurangan ini, diperlukan sambungan plester yang tebal. Tapi dengan demikian, Anda pun tentunya akan mengeluarkan biaya lebih untuk plesteran.

Kelemahan lainnya dari bata merah ialah bobotnya yang berat. Ini berpengaruh pada lamanya waktu pemasangan. Jumlah batu bata juga kian terbatas karena sumber daya alam dan tenaga manusia yang memproduksinya juga terbatas. Sehingga, berimbas pada harga batu bata merah yang perlahan melonjak.

Rubrik Lainnya
loading...
loading...
Leave Comments
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi home.co.id. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.