Seperti halnya lukisan, bangunan juga bisa menjadi karya seni yang indah. Bangunan indah ini pun akan membuat perancangnya ikut terkenal. Nah, melanjutkan artikel sebelumnya, berikut adalah beberapa bangunan fantastik yang merupakan karya arsitek dunia.

3. L'Oceanogràfic


L'Oceanogràfic merupakan taman oseanografi terbuka dan akuarium oseanografi terbesar di Eropa. Luasnya 110.000 meter persegi dan berisi 42 juta liter air. Dibangun dalam bentuk bunga bakung dan merupakan karya arsitek Felix Candela.

Arsitek yang sama juga membuat L'Hemisfèric. Ini merupakan planetarium dengan bentuk menyerupai mata raksasa berkelopak mata terbuka. Fitur ini dibuat untuk mengakses kolam air sekitarnya. Dasar kolam adalah kaca, sehingga menciptakan ilusi mata secara keseluruhan. Ini menjadikan L'Hemisfèric sebagai pusat dari 'Kota Seni dan Ilmu'.

4. Museum Royal Ontario


Museum Royal Ontario didirikan pada tahun 1912 dan dirancang oleh arsitek ternama, Daniel Libeskind. Ini adalah museum terbesar di Kanada. Lokasinya berada di utara Queen’s Park Universitas Toronto. Daniel Libeskind merancang tanpa mengubah bangunan lama, namun melalui penambahan arsitektur modern pada bangunan tersebut.

Luas bangunan Museum berkisar antara 15.000 meter persegi. Bangunan ini sendiri terbuat dari zinc (panel seng), garis lurus yang bersilangan merupakan jendela yang dapat memberikan cahaya dramatis dan bayangan ke dalam museum. Bentuk dan penempatannya acak, tetapi ternyata merupakan abstraksi dari pola yang diciptakan dengan menghubungkan alamat-alamat penduduk.

Rubrik Lainnya
loading...
Leave Comments
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi home.co.id. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.