Sudah bukan hal baru jika melihat bangunan yang unik dan fantastik di sekitar kita. Sebab memang, ada banyak desain bangunan yang memiliki ciri khas dan nilai artistik tinggi di sekitar kita. Beberapa di antaranya bahkan sangat memesona karena merupakan karya dari arsitek ternama dunia. Beberapa bangunan unik itu antara lain:

1. Rumah Diatas Air Terjun


Rumah rancangan arsitek Frank Llyod Wright ini memang sudah sering dibahas. Sebab, daya tarik dan teknik rancangannya memang sangat luar biasa. Bangunan yang diberinama Fallingwater dan terletak di Pennysylvania ini bahkan ditetapkan sebagai National Historic Landmark pada tahun 1966.Pada tahun 1991, American Institute of Architects menyebutnya sebagai “The Best all-time work American architecture”. Sementara itu, National Geographic Traveler menetapkannya sebagai “Place of a Lifetime”.

Bangunan ini sejatinya didesain tahun 1935, dengan memadukan unsur alam dalam konsep pembuatannya. Uniknya, terdapat air terjun setinggi 30 meter yang mengalir dari rumah ini. Dan meski dirancang pada zaman dulu, rumah ini mampu tampil dengan gaya modern.

2. Gereja Basilika Santo Petrus


Gereja Basilika Santo Petrus merupakan Gereja Agung umat Katolik. Gereja ini merupakan hasil rancangan beberapa arsitek dan seniman. Pembangunannya memerlukan waktu lama, yakni antara tahun 1506 hingga 1626.

Sebagian besar rancangan Santo Petrus dikerjakan oleh Michelangelo dari tahun 1545 sampai dengan 1564, yang denahnya dikembangkan dari Salib Romawi. Ia menggunakan karateristik seni desain dengan menganalogikan ukiran dengan simetris tubuh manusia.  Sedangkan rancangan beranda dan halaman muka Gereja Santo Petrus, dikerjakan Lorenzo Bernini pada tahun 1598 hingga 1680.

Kubah Gereja Santo Petrus baru dibangun sesudah meninggalnya Michelangelo. Kubah arsitektur renaissance merupakan ciri khas yang mencolok, yang banyak diterapkan pada bangunan-bangunan gereja. Kubah ini merupakan bentuk baru yang dibangun di atas bangunan yang berbentuk silinder, serta menjadi bagian penting dengan hiasan-hiasan tiang, jendela-jendela, dan sebagainya.

Rubrik Lainnya
loading...
Leave Comments
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi home.co.id. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.