Kehadiran tanaman-tanaman hidup selalu bisa menyegarkan suasana. Tidak heran jika tanaman juga dijadikan elemen dekorasi untuk mempercantik baik area outdoor dan indoor. Tanaman dengan daun-daun hijau, selain memberi nuansa berbeda, juga terasa menyejukan. Tapi tanaman berbunga indah lebih dapat menghidupkan suasana dengan tampilan warnanya yang terlihat semarak. Ada banyak inspirasi untuk menghijaukan rumah meski di lahan yang sempit. Kami memberi beberapa inspirasi untuk Anda.

Menghijaukan Dinding Outdoor

Jika rumah kita tidak mempunyai halaman luas untuk menanam banyak tanaman, manfaatkan dinding di area outdoor. Anda bisa membuat vertikal garden untuk menutup dinding yang kosong. Tanaman-tanaman tropis yang tidak terlalu buruh perawatan, dapat ditempel di dinding yang sudah dilengkapi dengan rangka-rangka tempat menanam menempel dinding. Area dinding outdoor pun berubah menjadi hijau menyejukan mata.

Tapi jika Anda sulit membuat rangka untuk menutup dinding menjadi vertikal garden, pilih cara yang lebih mudah. Tempeli dinding dengan tanaman pakis tumbuh pada wadah yang bisa menempel di dinding. Cara ini lebih cepat mengubah tampilan dinding menjadi hijau. Tak perlu perawatan yang sulit. Tanaman pakis yang tumbuh subur di wadah yang menempel di dinding, akan mengubah tampilan dinding menjadi area yang hijau menyegarkan.

Pilih Tanaman Rambat

Selain memanfaatkan dinding dengan vertikal garden atau menempel tanaman dengan wadahnya pada dinding, ada cara lain yang juga praktis. Dinding kosong pada area outdoor memang harus dimanfaatkan. Jangan biarkan kosong. Tanam tanaman rambat semisal dolar-dolaran yang dengan cepat bisa menutup dinding kosong menjadi hijau. Tanaman rambat jenis lain yang juga tumbuh menempel di dinding juga bisa dipilih.

Inspirasi lain adalah menghijaukan area-area kosong di outdoor dengan tanaman bermanfaat. Tanaman bumbu-bumbu yang bisa dimanfaatkan setiap hari dan juga sayuran, menjadi ide bagus untuk menghijaukan rumah. Meski lahan sempit, manfaatkan pergola di taman untuk menanam sayuran rambat atau buah, seperti tanaman paria atau buah markisa. Sedang tanaman bumbu tidak memerlukan area besar. Cukup ditanam dalam pot-pot dan diletakkan sepanjang pinggiran dinding. Rumah pun tambah hijau dan bermanfaat.

Rubrik Lainnya
Leave Comments
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi home.co.id. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.