Merancang Rumah Mungil, 6 m x 10 m

PERTANYAAN

Dear Ibu Widiyani,

Kami mohon bantuan Ibu Widi untuk merancang rumah kami yang mungil. Rencana rumah dibuat dua lantai dengan lahan seluas 6 x 10 meter, tanpa GSB. Kami memerlukan tiga kamar tidur (dapat memuat lemari pakaian dan tempat tidur normal), dapur yang agak luas, ruang makan, kamar mandi di bawah/ruang cuci, kamar mandi di atas, kamar tamu, ruang TV agak besar, dan ruang kerja. Taman di bagian belakang dan tempat parkir motor di bagian depan. Kami juga ingin memiliki tempat untuk menyimpan barang-barang. Kami ingin desain rumah yang asri, berventilasi baik, dan terang di siang hari. Terima kasih.
Salam hangat,
Juliana dan Ronald – Medan

JAWABAN

Halo Ibu Juliana dan Pak Ronald,
Tentunya dengan senang hati saya akan membantu. Dengan kebutuhan ruang seperti yang diinginkan sudah tentu harus dibangun dua lantai. Berdasarkan informasi yang disampaikan apakah benar di lahan tersebut tidak ada GSB nya? Walaupun GSB nol saya berpendapat ada baiknya bangunan tetap memiliki jarak dari jalan, agar bukaan pintu atau jendela tidak terbuka/berhubungan langsung dengan jalan umum. Jadi usulan saya, bangunan dimundurkan sedikit dari jalan.


Lantai Satu

  • Bangunan di sisi kiri lahan dengan lebar tiga meter dimundurkan satu meter dari jalan. Area berukuran 1 x 3 meter ini digunakan untuk taman atau cukup untuk rumput saja. Tanaman dapat diletakkan dalam pot. Bangunan di sisi kiri lahan dengan lebar tiga meter juga dimundurkan, namun jarak dari jalan tiga meter. Area ini agar digunakan untuk parkir motor sekaligus sebagai teras masuk. Perkerasan di teras ini sebaiknya menggunakan material yang dapat menyerap air hujan.

  • Pintu masuk tidak langsung berhadapan dengan jalan.

  • Memasuki bangunan terdapat ruang tamu kecil dan di belakangnya terdapat tangga menuju lantai dua. Bagian bawah tangga dimanfaatkan untuk gudang.

  • Bersebelahan dengan tangga terdapat kamar mandi dan ruang cuci. Kamar mandi ini memiliki lubang cahaya pada bagian langit-langit sekaligus ventilasi.

  • Di belakang kamar mandi terdapat ruang keluarga berukuran 3 x 4 meter. Ruang keluarga memiliki bukaan ke taman yg berada di sisi kiri.

  • Di belakang teras depan adalah dapur. Luas dapur 2,25 x 3 meter, dapat dibuat dua meja dapur yang sejajar. Dapur dibuat tanpa sekat/dinding, agar ruang tidak terlihat sempit.

  • Ruang makan menyatu dengan dapur dengan ukuran 2,25 x 3 meter juga. Ruang makan memiliki bukaan dan teras kecil ke taman.

  • Taman belakang berukuran 2,5 x 3 meter. Agar bersuasana asri, bidang dinding taman dapat dimanfaatkan juga sebagai taman vertikal.

Lantai Dua

  • Lantai dua sedikit lebih luas daripada lantai satu khususnya pada sisi kiri.

  • Memasuki lantai dua terdapat meja kerja yg menempel pada sisi tangga. Ruang ini memiliki bukaan ke depan.

  • Berikutnya di sisi kiri terdapat dua kamar tidur. Saya membuat variasi, dengan membuat kamar tidur yang berada di bagian belakang sedikit lebih luas daripada kamar tidur di bagian depan. Namun jika kurang berkenan dapat saja ke dua kamar dibuat dengan ukuran luas yang sama. Kedua kamar cukup untuk menempatkan tempat tidur berukuran 1 x 2 meter atau 1,2 x 2 meter, serta lemari pakaian yang berada di dalam cerukan dinding. Kedua kamar juga memiliki jendela yang berhubungan langsung dengan ruang luar.

  • Kamar tidur utama berada di belakang, di atas ruang keluarga. Ruang ini memiliki bukaan jendela ke taman.

  • Kamar mandi berada di atas kamar mandi lantai satu. Ukuran kamar mandi ini sedikit lebih kecil, karena terdapat lubang udara dan cahaya untuk kamar mandi lantai satu.

Bangunan menggunakan atap pelana dan atap datar untuk sebagian atap ruang kerja dan kamar tidur utama. Bidang dinding di sisi kanan, yang juga merupakan area pintu masuk, menggunakan batu tempel. Bidang tampak di sisi kiri menggunakan cat dinding. Jendela dapur diberi bingkai dinding dan diberi cat warna kontras sebagai aksen. Demikian usulan saya, semoga bermanfaat, horas!

Rubrik Lainnya
Leave Comments
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi home.co.id. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.