Memiliki daun yang hijau mengkilap, bulat dan pipih, di ujung tangkai yang jenjang, Pilea peperomioides memiliki daya pikat tersendiri bagi para pecinta tanaman hias. Nama lainnya money plant dan pancake plant, Pilea tampil cantik sebagai tanaman dalam ruang. Tempatkan dalam pot, lalu  letakkan di atas meja atau digantung, sama indahnya.

Berasal dari Tiongkok, Pilea dibawa ke Norwegia dan dari sana menyebar luas di Skandinavia. Pilea sangat menyukai sinar matahari namun tidak langsung. Terkena sinar matahari langsung bisa membuatnya daunnya kecoklatan terbakar.

Menempatkannya dekat jendela, lokasi paling tepat. Arah tumbuhnya condong ke arah datangnya sinar matahari, karenanya rajinlah memutar tanaman agar bentuknya tidak miring ke arah tertentu.

Pilea juga tidak menyukai air yang berlebihan. Lakukan penyiraman seminggu sekali, atau saat lapisan media tanam teratas terasa kering saat dipegang. Pastikan pot memiliki lubang drainase yang cukup, sehingga air yang berlebihan akan langsung terbuang.

Pilea tumbuh maksimal 30 centimeter. Hal ini membuatnya menjadi tanaman meja yang pas. Termasuk dalam keluarga Uricaceae, Pilea mudah tumbuh, minim perawatan, bisa diperbanyak melalui anakan yang akan tumbuh di sekitarnya. 


 

Rubrik Lainnya
loading...
Leave Comments
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi home.co.id. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.