Spider plant adalah tanaman hias untuk pembersih udara ruangan. Berguna bagi kita yang tinggal di daerah perkotaan, yang tidak lepas dari polusi udara. Ditambah lagi rumah-rumah di perkotaan jarang yang memiliki lahan atau pekarangan untuk menanam bunga. Dengan begitu, banyak orang yang memanfaatkan tanaman hias demi mendapatkan pasokan udara yang bersih. 

Namun ternyata ada beberapa tanaman hias yang bukan hanya cantik dan indah jika diletakkan di dalam ruangan, melainkan ada juga berguna bagi kesehatan penghuni rumah, salah satunya, tanaman hias spider plant. Tanaman yang berasal dari Afrika Selatan ini berbentuk khas, daunnya seperti laba-laba. Jika menyentuh tanah ia akan mengakar.

Selaim itu, tanaman hias yang mempunyai istilah lain, lili paris ini, tumbuh dengan fisik yang ujungnya runcing dan panjang bervariasi antara 20 hingga 40 centimeter. Untuk merawatnya tidak perlu tindakan yang khusus. Biasannya ditanam di pot gantung yang memberikan nuansa hijau di sudut-sudut ruangan dalam rumah.

Spider plant ini ternyata mampu menyaring udara kotor pada ruangan dan mengeluarkan udara bersih yang dapat membuat penghuni rumah tenang dan rileks. Spider plant juga mampu menyerap bau, menyerap zat kimia di udara yang berterbangan di sekitar ruangan.

Meski spider plant mampu menghisap udara kotor, sebaiknya tanaman ini tetap diletakan di luar ruangan saat malam tiba, karena ia tetap akan menghisap oksigen di malam hari serta sebagai pencegahan perkembangbiakan nyamuk di dalam ruangan.

Leave Comments
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi home.co.id. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.