Sebuah surat datang dari Natalia di Semarang, Jawa Tengah, ingin dibuatkan denah rumah oleh arsitek Widiani, di atas lahan yang sudah dimilikinya berukuran 10,5 meter x 11,5 meter. Berikut ini artikel tanya-jawab-nya. 

PERTANYAAN

Halo Ibu Widi,

Bolehkah minta bantuannya? Saya memiliki lahan berukuran 10,5 x 11,5 meter dengan kebutuhan kamar tidur utama dan kamar mandi, dua kamar tidur anak, ruang makan, dapur, ruang tamu, carport dan garasi terbuka (carport dengan pagar) untuk satu mobil lagi, area cuci dan jemur, serta gudang.

Saya ingin seluruh ruang mempunyai jendela ke taman. GSB (Garis Sempadan Bangunan) lahan 1,5 meter. Saya juga ingin rumah mengikuti fengshui, yang memiliki kamar tidur utama harus berada di lantai bawah dan berdekatan dengan pintu masuk serta kamar mandi atau kamar tidur tidak terletak di atas dapur.

Desain rumah terlihat minimalis dan tidak banyak bukaan di bagian tampak agar aman. Mudah-mudahan Ibu Widi dapat memenuhi keinginan saya. Atas perhatian dan bantuannya saya capkan terima kasih.
Natalia – Semarang

JAWABAN

Halo Natalia, 

Dengan senang hati saya akan membantu memberi usulan desain. Agar seluruh ruang memperoleh ventilasi serta mendapat pencahayaan alami yang baik, maka saya mengusulkan bangunan dibuat dua lantai. Sesuai dengan arahan fengshui yang Natalia berikan, berikut penjelasan usulan desainnya.

Lantai Bawah

  • Bangunan didirikan dengan menyisakan sisi kiri selebar 2 meter untuk taman dan sisi kanan 3 meter untuk carport serta garasi.
  • Di bagian depan yang tidak dapat dibangun karena aturan GSB dijadikan taman.
  • Sisi kanan menggunakan perkerasan yang masih dapat menyerap air seperti grass block. Di belakang carport terdapat pagar untuk garasi dan di bagian belakang masih terdapat taman. Apabila garasi ingin diberi penutup dapat menggunakan atap berbahan ringan dan diberi rambatan tanaman.
  • Pintu tidak berada di bagian depan, melainkan di sisi kanan berhadapan dengan garasi.
  • Memasuki bangunan terdapat ruang tamu di sisi depan, sedangkan tangga menuju lantai atas berada di sisi belakang saling berhadapan.
  • Di sisi kiri ruang tamu terdapat kamar tidur utama dan kamar mandi. Bukaan jendela kamar tidur berada di sisi kiri menghadap taman, sedangkan ventilasi kamar mandi berada di sisi kanan menghadap carport
  • Ruang keluarga, ruang makan, dan dapur berada dalam satu ruang tanpa sekat. Ruang-ruang ini memiliki bukaan ke taman yang berada di sisi kiri.
  • Di bagian bawah tangga digunakan sebagai gudang dan dapat diakses dari garasi.


Lantai Atas

  • Memasuki lantai atas terdapat dua kamar tidur anak yang terletak di atas ruang makan. Ke dua ruang ini berdampingan dengan ukuran yang sama, yaitu 3 x 3,25 meter. Saya mengusulkan penyekat kamar tidur anak menggunakan lemari setinggi langit-langit, sehingga ruang dapat lebih luas.
  • Ruang belajar berada di atas ruang tamu dengan bukaan ke sisi kanan.
  • Kamar mandi untuk lantai atas berada di atas kamar mandi lantai bawah untuk kemudahan instalasi pipa. 
  • Bersebelahan dengan kamar mandi terdapat area cuci sekaligus ruang setrika.
  • Area jemur berada di atas kamar tidur utama.

Bangunan menggunakan atap pelana. Untuk mengurangi kesan “benteng” pada bangunan, karena tidak adanya bukaan jendela atau pun pintu pada bidang tampak bangunan saya mengusulkan untuk memberi variasi material pada bidang ini. Bagian bawah menggunakan material bata yang diekspos, sedangkan bagian atas menggunakan material dinding semen dengan beberapa lubang udara.  Khususnya  area jemur (di sisi kiri atas) menggunakan material susunan bambu vertikal.

LEGENDA

  1. CARPORT
  2. TAMAN
  3. GARASI
  4. RUANG TAMU
  5. KAMAR TIDUR UTAMA
  6. KAMAR MANDI
  7. RUANG KELUARGA
  8. DAPUR
  9. RUANG MAKAN
  10. GUDANG
  11. KAMAR TIDUR ANAK
  12. RUANG BELAJAR
  13. KAMAR MANDI
  14. RUANG CUCI/KERJA
  15. AREA JEMUR

Selamat membangun rumah.

Rubrik Lainnya
loading...
Leave Comments
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi home.co.id. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.