Kini banyak pasangan muda yang baru menikah, lebih memilih tinggal di apartemen yang berada di tengah kota, dibanding membeli dan tinggal di rumah tapi di luar Jakarta. Fenomena itu sudah terjadi sejak beberapa tahun silam. Semuanya ingin menjalani kehidupan yang lebih praktis, dengan tidak menghabiskan waktu yang lama di perjalanan untuk berangkat dan pulang kerja. Tetapi keterbatasan space di apartemen, memaksa kita mendesain penataan interior dengan gaya minimalis yang tidak menghabiskan space ruangan. 

Desain open layout untuk Apartemen Mungil

Rata-rata pasangan muda memilih tipe apartemen 2 kamar tidur untuk memulai kehidupan berumah tangganya. Kamar tidur yang kosong diperuntukan bagi tamu yang menginap, dan juga mengantisipasi untuk kamar anak mereka kelak. Area publik lain yang terdiri dari dapur, kamar makan dan ruang duduk menempati space yang juga tidak terlalu besar. Tergantung dari tipe apartemen yang dibeli. Tapi rata-rata apartemen dua kamar tidur mempunyai luasan kurang-lebih sekitar 50-60 meter persegi.

Dengan luasan yang terbatas, cara untuk mengesankan lebih luas area publik adalah dengan mendesan dengan open layout. Semua ruang terkoneksi satu sama lain dan menyambung tanpa sekat. Dapur yang biasanya berada tepat setelah pintu masuk, menempel di dinding dan menyatu dengan area makan. Satu-satunya ruang untuk berkumpul dan duduk bersama adalah living room yang juga dimanfaatkan untuk menonton teve.

Interior Bergaya Minimalis

Untuk luasan apartemen yang terbatas, penataan interior gaya minimalis yang paling cocok diterapkan. Pasangan muda juga lebih senang memilih furnitur dengan desain simpel tanpa lekuk-lekuk dan ukiran. Desain minimalis untuk interior biasanya dengan material yang ringan, dan bentuk garis-garis lurus tanpa lengkung. Interior bergaya minimalis tetap bisa dipadu dengan elemen dekoratif yang cantik. Jadi desain interior minimalis di sini tidak terkesan kaku.

Jika kita ingin memadupadankan gaya minimalis dengan gaya lain agar terasa homey, tentu gaya modern sangat cocok. Sebab gaya modern terkesan mengikuti tren dan kekinian. Pasangan muda senang dengan segala sesuatu yang serba simpel. Tapi gaya minimalis sama sekali tidak disarankan disanding dengan gaya klasik yang terkesan "berat". Bagaimana pun juga, desain interior gaya minimalis-lah yang paling cocok diterapkan pada apartemen-apartemen yang luasannya terbatas dan  tidak terlalu besar.

Leave Comments
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi home.co.id. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.