Memang benar kompor listrik memiliki banyak kelebihan dibanding kompor minyak dan gas. Tapi bukam berarti, kompor ini bisa langsung menggantikan peran kedua kompor tersebut. Itu karena masih ada kekurangan atau kelemahan yang dimiliki kompor listrik. Terlebih, harga kompor ini juga jauh lebih mahal dibanding kompor jenis lainnya. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa kelemahan yang dimiliki kompor listrik.

Daya listrik besar
Sesuai namanya, kompor ini menggunakan daya listrik untuk bisa hidup atau digunakan. Tapi, daya listrik yang digunakan kompor itu terbilang besar. Bisa 300 sampai 1200 watt. Angka ini cukup fantastis untuk sebuah alat elektronik. Oleh karena itu, Anda yang memutuskan untuk menggunakan kompor listrik harus siap dengan tagihan listrik bulanan yang membengkak.

Harus pakai alat masak khusus
Kompor ini menghantarkan panas, bukan memanaskan alat masak menggunakan api. Selain itu, permukaan atau tungku kompor ini juga rata. Kedua hal ini membuat Anda harus menggunakan alat masak khusus jika ingin memasak. Atau setidaknya, alat masak harus berupa konduktor yang baik serta memiliki alas yang rata agar bisa menyebarkan panas dengan sempurna.

Sensitif
Penggunaan kompor listrik harus hati-hati. Hal ini disebabkan oleh Adanya lapisan kaca pada bagian atasnya. Jadi, Kompor ini tidak dianjurkan untuk digunakan oleh Anda yang sering memasak dengan terburu-buru. Jika permukaan bagian atas kompor tergores, maka kinerja kompor juga akan menurun. Kualitas panasnya pun akan semakin berkurang. Intinya, Jaga permukaan kompor listrik agar jangan sampai tergores!

Rubrik Lainnya
Leave Comments
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi home.co.id. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.