Pegboard atau papan berlubang bisa menjadi alternatif sarana penyimpan atau pemajang selain rak atau ambalan. Kita bisa menempatkan penggantung di setiap lubang pegboard.

Ada yang sudah tersedia di pasaran, ada pula yang bisa kita buat sendiri dengan diameter dan jarak antar lubang yang lebih lebar. Satu kuncinya, sediakan jarak antara pegboard dan dinding atau dasar dimana ia akan di tempatkan. 

Berikut ini beberapa inspirasi pegboard dan penataannya di rumah, seperti yang pernah ditambilkan Tabloid Bintang Home.

1. Di foyer, kita bisa tempatkan pegboard dengan tulisan dari benang aneka warna yang disusun dengan teknik tusuk silang (cross stitch). Manfaatkan bawahnya untuk menggantung benda-benda agar mudah diraih saat akan keluar rumah.

2. Pegboard yang tersedia banyak di pasaran jadi pemajang yang efektif untuk benda-benda kecil di ruang hobi. Cat dengan warna putih agar terlihat menyatu dengan dinding.

3. Untuk pegboard dengan diameter lubang lebih besar, yang bisa dibuat sendiri, cocok untuk mengisi dinding kosong di living room. Tambahkan ambalan sehingga menjadi rak serbaguna.

4. Di dapur, pegboard bisa menjadi backsplash sekaligus pemajang. Gunakan pegboard berbahan metal agar tidak mudah rusak jika terkena cipratan air dari sink.

5. Juga bisa menjadi pelapis dinding island untuk memaksimalkan sarana penyimpanan perlengkapan masak yang sering digunakan.

6. Di gudang atau garasi, manfaatkan pegboard yang digantung vertikal sehingga bisa memuat banyak perkakas namun menghemat ruang.

7. Tak hanya penyimpan, pegboard juga bisa menjadi media untuk merangkai bunga. Susun sedemikian rupa setiap tangkai bunga sehingga bisa menjadi hiasan di sudut ruang.   

Rubrik Lainnya
Leave Comments
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi home.co.id. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.