Salah satu fitur kamar mandi yang wajib dibersihkan adalah bathtub atau bak mandi. Sebab meski sering terkena air, bathtub tetap bisa kotor dan bernoda. Hal itu bahkan berpotensi jadi tempat berkumpulnya bakteri atau kuman penyakit. Tapi ingat, dalam membersihkan bathtub, Anda mesti berorientasi pada jenis bathtub itu sendiri. Soalnya, setiap jenis bathtub harus dibersihkan dengan caranya masing-masing.

Untuk membantu Anda dalam hal ini, berikut ada cara membersihkan bathtub sesuai dengan jenis atau material pembuatnya.

Bathtub Porselen
Mayoritas pembersih untuk kamar mandi aman dan dapat digunakan untuk bathtub yang dibuat dari bahan porselen. Cara penggunaannya, campur air dan baking powder, lalu siramkan ke dalam bathtub. Gosoklah semua sisi bathtub dengan menggunakan spons selama 30 sampai 45 menit. Setelah itu bilas bathtub sampai bersih.

Bila masih belum bersih, ulangi lagi cara di atas. Jika noda tersebut tidak juga kunjung hilang, Anda dapat menggunakan amplas khusus untuk porselen. Amplas ini cukup efektif untuk membersihkan bathtub yang memiliki noda membandel.

Bathtub Akrilik
Bathtub yang satu ini terbuat dari material yang mengandung campuran kimie pollimers. Sebab itu, cara merawat dan membersihkan bathtub akrilik tidak sama dengan bathtub porselen. Adapun jenis pembersih kamar mandi yang bisa digunakan dalam membersihkan bathtub ini adalah yang  non-aerosol dan non-abrasive.

Jenis pembersih di atas cukup aman untuk digunakan pada bathtub jenis ini. Tetapi jangan lupa untuk memastikan bahwa semua sisi bathtub sudah dibilas dengan air setelah dibersihkan. Soalnya,  pembersih tersebut mengandung bahan kimia.

Bathtub Fiberglass
Bagi Anda yang mempunyai bathtub yang terbuat dari material fiberglass, maka cara membersihkan bathtub ini dapat dilakukan dengan bantuan cairan pencuci piring, pembersih kamar mandi non-abrasive, dan deterjen. Anda juga dapat menggunakan campuran air dan baking soda sampai campuran tersebut berbentuk seperti pasta.

Setelah itu, gunakan campuran tersebut untuk dioleskan pada semua sisi bathtub. Diamkan selama beberapa saat, kemudian bilas bathtub tersebut sampai bersih sambil mengelapnya dengan spons. Pastikan Anda membilas semua sisi bathtub tersebut supaya sisa baking soda dapat menghilang dan bathtub benar -benar bersih.

loading...
Leave Comments
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi home.co.id. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.