Pada artikel sebelumnya telah dibahas tentang merancang rumah dengan metode Ba Zhai, yaitu perhitungan berdasarkan waktu dalam hal ini tahun lahir. Berikut ini artikel lanjutannya, masuk pada contoh kasus. Perhatikan juga tabel dan diagram yang mendukung artikel ini.

Contoh kasus:

Contoh, sepasang suami istri akan membangun rumah pada kavling yang telah lama dihadiahkan orangtua. Tanah ini menghadap ke utara dengan sandaran ke selatan. Luasnya berukuran panjang 15 meter dan lebar 12 meter. Suami kelahiran 1981, sedangkan isteri kelahiran 1988. Mereka pasangan muda yang belum memiliki anak. 

Langkah pertama menentukan angka Kua untuk masing-masing suami istri ini. Yaitu sebagai berikut :  Rumus Kua pria = 10 – X = Angka Kua.  Dimana X adalah dua digit angka tahun kelahiran yang dijumlahkan hingga satu digit. Diperoleh : 10 – ( 8 + 1) = 10 – 9 = 1 (Kua = 1). 

Rumus Kua wanita = 5 + X = Angka Kua. Dimana X adalah dua digit angka tahun kelahiran yang dijumlahkan hingga menjadi satu digit. Diperoleh : 5 + (8 + 8) = 5 + (16 = 1 + 6 = 7) = 5 + 7 = 12 = 1 + 2 – 3 (Kua = 3). 

Pada tabel tersebut, suami dan isteri memiliki arah baik dan buruk yang serumpun, yaitu kelompok Kua timur. Bagaimana hal tersebut diwujudkan dalam mernacang desain rumah? 

Lantai dasar pada arah baik utara digunakan sebagai pintu masuk  dan kamar tidur tamu, sedangkan arah buruk di timur laut di tempatkan kamar mandi. Demikian pula arah buruk barat daya digunakan sebagai dapur atau kamar mandi.

Lantai atas menempatkan posisi kamar tidur utama pada sektor terbaik, yaitu tenggara dan selatan, sedangkan sektor buruk di timur laut untuk kamar mandi. Demikian juga pada sektor buruk barat daya difungsikan sebagai kamar mandi atau WC. 

Rubrik Lainnya
loading...
Leave Comments
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi home.co.id. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.