Artikel edisi kali ini membahas desain atau rancangan rumah dengan fengshui, yaitu metode sederhana menggunakan metode Ba Zhai (8 Gedung).

Ba Zhai berbeda denga Fei Xing – yang memperhatikan dan memperhitungkan dimensi Waktu dengan metode berdasarkan tahun lahir. Bisa diperoleh empat orientasi kompas yang baik dan empat orientasi kompas yang  buruk. 

Keempat arah kompas yang baik dinamakan: Sheng Qi, Tian Yi, Nian Yan, dan Fu Wei. Keempat arah kompas yang buruk dinamakan: Huo Hai, Wu Gui, Liu Sha, dan Jue Ming.

Pada metode Ba Zhai, arah orientasi kompas yang baik bisa digunakan untuk fungsi seperti pintu masuk utama, kamar tidur utama, ruang kerja, dan ruang keluarga. Untuk Ba Zhai arah orientasi kompas yang buruk bisa ditekan dengan menempatkan, kamar mandi (dibilas), dapur (dibakar), dan gudang (diperangkap). 

Perhitungan utama ditentukan oleh kepala keluarga, yaitu yang memberi kesejahteraan atau tulang punggung keluarga. Tetapi dalam beberapa kasus, seorang istri juga menjadi kepala keluarga, karena ia yang lebih berperan dalam kesejahteraan keluarganya. 

Misal kasus suami yang tidak bisa bekerja kembali akibat suatu hal. Bisa juga posisi isteri dalam perusahaan cukup tinggi, sehingga ia memiliki penghasilan utama dalam keluarga. Tiap anak mendapatkan arah kompas yang baik sesuai dengan tahun kelahirannya.

Bersambung ke artikel dengan contoh.

Rubrik Lainnya
loading...
Leave Comments
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi home.co.id. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.