Sebuah pertanyaan masuk di rubrik konsultasi arsitektur Tabloid Bintang Home, tentang denah rumah di lahan 5,75 kali 11,25 meter, yang pemiliknya membutuhkan beberapa ruang, termasuk perpustakaan. Surat tersebut ditanggapi oleh arsitek Widiani dengan usulan massa bangunan menyerupai huruf L.

Berikut ini pertanyaan dan jawabannya.

PERTANYAAN:

Kepada Mbak Widi, 

Saya berencana membangun rumah di lahan berukuran 5,75 x 11,25 meter di dalam kawasan perumahan, adapun GSB (Garis Sempadan Bangunan) 3,25 meter. Dalam rumah tersebut saya membutuhkan dua kamar tidur, kamar mandi keluarga, perpustakaan, ruang tamu, ruang keluarga menghadap taman belakang, ruang makan, dapur, taman depan, dan belakang. Demikian kebutuhan desain rumah yang diminta, terimakasih atas bantuan Mbak Widi.
 
Anya – email
 
JAWABAN:

Halo Mbak Anya, 

Dengan luas lahan yang ada dan kebutuhan ruang yang diinginkan saya mengusulkan untuk membuat bangunan dua lantai. Massa bangunan menyerupai huruf L dengan taman di sudut kanan belakang. 
 
Lantai dasar

  • Bangunan dimulai dari batas GSB. Bagian yang tidak dapat dibangun dimanfaatkan sebagai taman di sisi kanan dan teras di sisi kiri.
  • Memasuki bangunan terdapat ruang tamu selebar dua meter. Ruang ini berada di bagian depan sisi tangga. Di bawah tangga terdapat toilet/WC yang dapat diakses dari ruang tamu. Pintunya didesain menyerupai dinding.
  • Dapur berada di sisi kanan, menyatu dengan ruang makan, dan memiliki bukaan ke depan dan ke taman dalam.
  • Ruang keluarga berada di belakang dengan view ke taman dalam.
  • Secara umum seluruh ruang di lantai dasar memiliki ventilasi ke taman, sehingga ruang mendapat sirkulasi udara yang baik serta cukup memperoleh pencahayaan alami di siang hari.

 
Lantai atas

  • Memasuki lantai atas terdapat koridor yang dimanfaatkan untuk ruang perpustakaan. Rak buku menempel pada sisi tangga. Koridor ini mendapat penerangan alami dari jendela ke arah depan.
  • Kamar tidur utama berada di depan, memiliki dua bukaan ke depan dengan efek seperti balkon. Ceruk dinding di antara ke dua bukaan ini dimanfaatkan sebagai lemari pakaian. Ruang ini juga memiliki bukaan ke taman dalam.
  • Kamar tidur anak berada di bagian belakang dengan bukaan ke taman dalam.
  • Kamar mandi berada di antara ke dua kamar tidur ini dengan ventilasi ke taman dalam.

 
Bangunan menggunakan atap dengan kemiringan kecil. Dinding di sekeliling atap ditinggikan, sehingga bangunan terlihat seperti menggunakan atap datar. Bagian kamar tidur utama yang lebih maju satu meter ke depan diekspos dan diberi warna kontras sebagai aksen. Pada bagian pintu masuk terdapat kanopi untuk mengurangi tampias air hujan. Demikian usulan yang diberikan, semoga dapat memberi inspirasi!
 
LEGENDA

  1. TERAS
  2. TAMAN
  3. RUANG TAMU
  4. TOILET
  5. DAPUR 
  6. RUANG MAKAN
  7. RUANG KELUARGA
  8. PERPUSTAKAAN
  9. KAMAR TIDUR UTAMA
  10. KAMAR MANDI
  11. KAMAR TIDUR ANAK
  12. VOID
Rubrik Lainnya
loading...
Leave Comments
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi home.co.id. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.