Tangki air atau yang biasa dikenal toren merupakan alat rumah tangga yang sangat membantu dalam mengumpulkan air untuk disalurkan ke berbagai tujuan. Maka dari itu keberadaan di rumah sangat penting dan harus diperhatikan dalam pemasangannya. 

Ada beberapa hal mesti Anda lakukan sebelum mendirikan tangki air di rumah, berikut ulasannya: 

Tentukan letak penempatan toren
Biasanya, toren diletakkan pada menara yang terbuat dari besi. Jika memang Anda ingin menggunakan menara, pastikan besinya cukup kokoh dan jangan sampai ada celah pada dudukan toren. Jika torennya berukuran di atas 500 liter, gunakan besi yang besar. Toren juga dapat ditempatkan pada tower yang terbuat dari beton.

Alas yang rata
Pastikan pula alas pondasi peletakan besi penyangga toren atau peletakan toren rata dan tidak miring. Jika miring dan isi torennya penuh, kemungkinan toren hanya bertumpu pada satu sisi dan berisiko menyebabkan kebocoran.

Perhatikan lebar pondasi tiang untuk tangki
Tiang yang akan digunakan untuk menyangga toren harus lebih lebar daripada diameter torennya sehingga dapat menyangga toren dengan maksimal. Ingat, beban toren akan bertambah jika bagian dalamnya terisi air dengan penuh.

Rubrik Lainnya
loading...
loading...
Leave Comments
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi home.co.id. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.