Fotografer papan atas Indonesia, Darwis Triadi, punya rumah di Solo, Jawa Tengah. Rumah tersebut dibangun di atas lahan seluas sekitar 600 meter persegi, didesain oleh arsitek dengan konsep awal oleh Darwis dan istrinya, Renate Esmeralda. Sebagian dari lahan dibuat taman yang teduh.

Taman yang teduh
Area teras samping menjadi salah satu tempat yang mendapat perhatian khusus Darwis. Area ini menjadi salah satu tempat paling sering diduduki. Apalagi teman-teman Darwis kerap berkunjung dan ngobrol  hingga larut malam. 

“Teras samping  dibuat untuk menampung teman-teman melakukan kegiatan kesukaan, seperti sekadar kongkow atau diskusi ringan. Kalau ada yang merokok pun asapnya tidak mengotori area dalam rumah,” cerita Darwis.

Di sekitar teras, Darwis menghadirkan taman yang teduh. Menurutnya, taman tidak hanya hijau, tapi juga harus teduh. Ia memilih tanaman daun yang rimbun dan besar-besar, sehingga area taman tidak hanya terlihat hijau dan asri. 

“Buat saya, taman  itu yang penting teduh, makanya banyak tanaman daun yang hijau dan rimbun. Taman itu harus natural, tidak dibentuk dan tertata. Saya tidak begitu suka tanaman Bonsai,” kata Darwis. Untuk menambah kesan natural, selain tanaman tinggi dan besar, Darwis membuat kolam ikan untuk memberi kesan yang lebih segar. 

Rubrik Lainnya
loading...
loading...
Leave Comments
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi home.co.id. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.