Permintaan dari Sintia dan Herman kepada arsitek Widiani, untuk denah rumah mereka di atas lahan berukuran 8 x 11,5 meter, dengan keinginan rumah terbuka dengan halaman depan dan belakang untuk taman. Berikut ini pertanyaan dan disusul jawabannya.

Pertanyaan:

Kepada Ibu Widi,

Kami memiliki rencana membangun rumah di atas lahan berukuran 8 x 11,5 meter. Desain yang kami inginkan adalah rumah yang selalu terbuka ke halaman depan dan belakang, namun cukup aman buat peliharaan kucing kami agar tidak bisa keluar dari halaman rumah.

Adapun ruang yang dibutuhkan seperti kamar tidur utama, kamar tidur anak/ tamu, ruang kerja, ruang TV, kamar mandi, dapur, ruang makan, gudang, ruang cuci pakaian, dan carport. Demikian detail kebutuhan ruang dari rumah yang kami inginkan. Terima kasih atas bantuan Ibu Widi.

Hormat kami,
Sintia & Herman – Jabar

Jawaban:

Halo Ibu Sintia dan Pak Herman, 

Terima kasih atas pertanyaan yang diberikan. Sayang sekali informasi lahan yang diberikan tidak menyertakan posisi lahan dan aturan GSB (Garis Sempadan Bangunan). Jadi dalam desain ini, saya asumsikan GSB 4 meter.

Lantai Dasar

  • Halaman depan di sisi kiri digunakan untuk carport dengan material yang masih dapat menyerap air hujan. Di sisi kanan berupa taman yang disekat untuk membuat taman depan privat/ berpagar. 
  • Memasuki bangunan terdapat meja panjang di ruang makan yang dapat digunakan untuk menerima tamu. 
  • Tangga yang diekspos menuju lantai dua terdapat di sisi kiri.
  • Di belakang ruang makan terdapat area servis yang terdiri dari gudang dan kamar mandi/ruang cuci. Area servis memperoleh pencahayaan matahari dari lubang ventilasi yang menerus hingga atap.
  • Ruang keluarga berada di sisi kanan dengan taman privat di depannya.
  • Menyatu dengan ruang keluarga terdapat dapur. Dapur memiliki bukaan jendela ke taman belakang.


Lantai Atas 

  • Lantai ini terdiri dari kamar tidur utama berukuran 3,5 x 4 meter yang berada di bagian depan, tepatnya di atas ruang keluarga. 
  • Di belakang kamar tidur utama terdapat kamar tidur anak/tamu.
  • Kamar mandi di lantai ini terletak di sebelah kamar tidur utama dengan lubang-lubang ventilasi pada dinding fasad.
  • Berada di belakang kamar mandi terdapat ruang kerja. Ruang ini menghadap ke sisi tangga.

Bangunan menggunakan atap pelana. Terdapat bukaan jendela pada sisi yang berhadapan dengan tangga. Halaman memiliki dinding pagar penyekat yang memisahkan taman depan yang terbuka dan taman yang tertutup di depan ruang keluarga. Semoga usulan desain ini dapat bermanfaat, salam!

LEGENDA:

  1. CARPORT
  2. TAMAN 
  3. TAMAN DALAM
  4. RUANG MAKAN
  5. RUANG KELUARGA
  6. DAPUR
  7. GUDANG
  8. KAMAR MANDI/CUCI
  9. RUANG KERJA
  10. KAMAR MANDI
  11. KAMAR TIDUR UTAMA
  12. KAMAR TIDUR ANAK
  13. VOID
Rubrik Lainnya
loading...
Leave Comments
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi home.co.id. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.