Sebanyak 15 desain restoran keluar dari tangan dingin Leo Einstein Franciscus. Salah satu restoran terbarunya, Bottega Ristorante di kawasan SCBD, Jakarta Selatan. Ia bukan hanya bisa membuat tatanan restaurannya tampak dikunjungi banyak orang, tapi juga membuat interior restauran terkesan cantik dan nyaman. Setiap pertama kali mendesain, Leo Einstein Franciscus juga selalu mencari tahu, berapa ukuran dapur dan bar yang mereka butuhkan. Itu jantungnya restoran. Ia tidak ingin area ini terlalu kecil. Dari sisa area tersebut Leo Einstein Franciscus mulai bergerak mendesain bagian lain.

Peran Media Sosial

Agar dari depan restoran terlihat selalu ramai, diletakkan sofa di depan. Sisanya loose furniture untuk yang tidak kebagian sofa. Social media besar sekali pengaruhnya untuk membuat orang datang. Karenanya, restoran saat ini harus instagramable banget. Kalau makanannya enak tapi tidak instagramable juga tidak menjual. Dua restorannya, Bottega Ristorante dan Lemongrass pernah menjadi ‘2015 Path Trending Topic’. Untuk itu Leo Einstein Fransciscus selalu membuat banyak spot-spot menarik untuk membuat mereka datang dan merasakan ambiance yang berbeda di masing-masing spot tersebut.

Peran Lighting Dalam Restoran

Penting sekali. Leo Einstein Fransciscus selalu detail dalam mendesain lighting-nya. Jarang sekali menggunakan lighting desainer dalam pengerjaan desain restoran. Ada yang bilang lighting desain akan terlihat ramai. Sebenarnya, asalkan kita pandai memadupadankan tentu tidak terlihat ramai. Perkembangan desain restauran Ada trennya. Tetapi kita tidak bisa selalu mengikuti tren, karena lama kelamaan tren akan hilang. Jika dibuat tren sendiri itu lebih bagus. Caranya dengan memberi ciri dalam setiap desain. Berupa detail dan tema khusus, seperti pemakaian mozaik, mural, membawa suasana outdoor ke indoor, atau penggunaan banyak warna. Intinya setiap bulan akan tumbuh banyak restoran, tetapi bila kita menghadirkan konsep yang unik tentu akan bertahan.

Leo Einstein Fransciscus senang bila restoran yang didesain, menjadi salah satu destinasi yang wajib dikunjungi karena desainnya berbeda dan tidak monoton. Sebagai desainer interior restauran, ia bukan orang yang senang makan. Ia senang mengunjungi restoran apa saja, tapi itu hanya untuk melihat desain dan detailnya. Karena ia juga butuh melihat, bagaimana orang lain mendesain restoran. Jangan melihat ke desain sendiri saja, meskipun desain hadir dengan ciri masing-masing.

loading...
Leave Comments
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi home.co.id. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.