Memiliki ruang kosong yang besar menggelitik pemilik rumah yang berada di kawasan Gading Serpong ini untuk menyatukan beberapa fungsi dalam satu konsep desain. Ditangan Haryo Djati, dari Scalea Design, fungsi dining room dan pantry menjadi satu kesatuan. “Dengan konsep modern open pantry, fungsi ruang dalam dengan area luar pun terlihat menyatu dengan kehadiran kaca transparan yang diperbesar ukurannya,” kata Djati.

Togetherness in The Activity

Konsep modern open pantry diaplikasikan Djati sebagai implentasi keinginan pemilik yang menginginkan kebersamaan dalam beraktivitas saat berkumpul bersama keluarga ataupun saat menerima tamu.

Hal pertama yang dilakukan Djati yakni merubah ukuran bukaan ke arah taman belakang menjadi lebih besar. “Perubahan ukuran bukaan juga berguna untuk memaksimalkan pencahayaan dan view dari dalam ke luar ruang,” lanjut Djati. Perubahan lain dilakukan pada bentuk ceiling dengan perbedaan ke dalaman dan aksen untuk ‘memberi batas’ ruang tanpa harus membuat sekat atau divider.

Flow Attention

Selain merubah ceiling, mechanical electrical, dan area bukaan, Djati mengisi ruang-ruangnya dengan furnitur built in. “Saya juga menghadirkan pantry dengan island untuk menyalurkan hobi memasak Sang Nyonya di ruangannya yang luas ini,” imbuhnya. Dibutuhkan waktu kurang lebih tiga bulan untuk menata ruang ini sesuai dengan konsep yang diinginkan.

“Untuk pembaca yang ingin memiliki konsep ruang open space sebenarnya tidak terlalu sulit. Hanya perlu diperhatikan flow orang-orang di dalamnya, khususnya jika memiliki anak kecil. Tidak hanya itu, perhatikan juga ukuran furnitur, jangan sampai terlalu besar yang mengakibatkan terganggunya mobilisasi. Ada baiknya pemilik rumah dapat berkonsultasi dengan designer interior terlebih dahulu untuk mendapatkan hasil yang maksimal,” saran jadi bagi Anda yang ingin memiliki tampilan ruang seperti ini. 

Rubrik Lainnya
loading...
Leave Comments
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi home.co.id. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.