Pemasangan listrik sembarangan dapat mengakibatkan kita terkena setrum yang bisa membuat kejang otot bahkan berakibat kematian. Pemakaian listrik yang salah juga dapat berakibat kebakaran yang dapat merugikan penghuni rumah. Untuk mengatasinya, ada beberapa hal wajib yang harus Anda ketahui agar listrik tetap aman

Berikut lanjutan artikel sebelumnya tentang mengamnkan instalasi listrik dari nomor 5 hingga 8:

5. Pastikan tidak ada anak bermain di sekitar stop kontak listrik, gunakan stop kontak yang memakai tutup bila terpaksa harus berada di tempat yang dapat dijangkau anak-anak.

6. Jangan menggunakan stop kontak yang bertumpuk-tumpuk dalam 1 lubang, karena akan menimbulkan panas dan dapat mengakibatkan terbakarnya stop kontak tersebut.

7. Untuk peralatan elektronik yang sensitif gunakan stabilizer, karena listrik kita masih sering tidak stabil sehingga dapat mencegah kerusakan pada peralatan elektronik. Untuk peralatan seperti komputer sebaiknya menggunakan UPS (Uninterruptible Power Supply) bilamana kita tinggal di daerah yang sering kena giliran pemadaman lampu.

8. Putuskan aliran instalasi listrik bila terjadi korsleting atau bila kita mencium adanya bau hangus terbakar di sekitar stop kontak atau dalam jaringan instalasi listrik. Matikan aliran listrik dari saklar ataupun dari MCB bila terpaksa.

Rubrik Lainnya
loading...
Leave Comments
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi home.co.id. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.