Listrik sudah menjadi kebutuhan pokok bagi rumah tangga maupun industri. Pemasangan instalasi listrik di rumah juga biasanya berurusan dengan kontraktor atau instalator. Tapi, kita tetap perlu memahaminya agar penggunaan listrik di rumah tetap aman. 

Untuk itu ada beberapa tips yang perlu diperhatikan untuk menjamin bahwa listrik yang digunakan sehari-hari aman, berikut di antaranya:

1. Dalam membuat jaringan Instalasi listrik,gunakanlah peralatan listrik yang sudah teruji keamanannya. Misalnya  kabel, stop kontak, MCB dan lain-lain. Pilih peralatan yang berlogo SNI, karena peralatan tersebut tidak cepat panas dan kualitasnya sangat baik. Tentu saja harga untuk peralatan listrik jenis ini akan lebih mahal.

2. Instalasi listrik sebaiknya tidak menggunakan kabel serabut untuk stop kontak yang akan dibebani peralatan listrik berdaya besar, kabel serabut dapat berisiko korsleting karena kabel jenis ini tidak mampu menahan beban listrik yang besar. Untuk kualitas instalasi listrik yang baik, gunakan kabel berisi kawat tembaga.

3. Bilamana akan melakukan perbaikan listrik, jangan menggunakan tangan yang dalam keadaan basah karena dapat mengakibatkan kesetrum. Juga pakai alas kaki pada saat memperbaiki peralatan listrik, karena tubuh kita merupakan penghantar listrik yang baik.

4.  Matikan saklar lampu terlebih dahulu apabila akan mengganti bohlam lampu.

Rubrik Lainnya
loading...
Leave Comments
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi home.co.id. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.