Setelah di artikel sebelumnya dibahas tentang definisi dan kemungkinan kreasi tanaman pada tabir hijau atau partisi outdoor, artikel ini membahas aplikasinya dan DIY cara membuat privacy screen decoratif.

Keterbatasan ruang membuat kita melirik metode menanam secara vertikal (vertical garden). Kita bisa memakai berbagai bahan untuk membuat rangkanya. Kayu merupakan material paling versatile yang dapat menyesuaikan dengan bermacam gaya hunian. Dari gaya tropis, country, vintage, hingga modern. Sementara bahan metal lebih cocok diaplikasikan pada hunian bergaya modern atau kontemporer. 

Keunggulan dari bahan kayu terletak pada kemudahan pengaplikasiannya. Selain mudah dibentuk, kayu juga cenderung ringan dan memiliki karakter alami yang saling melengkapi dengan suasana outdoor yang natural. Agar terlihat lebih alami, warna kayu dapat dipertahankan dan ditingkatkan dengan penggunaan pernis atau pelitur. Aplikasi finishing cat dengan warna-warna pastel cocok diplikasikan pada privacy screen yang berada di ruang berkonsep shabby chic atau vintage

Sedangkan penempatan tanamannya bisa dilakukan dengan berbagai cara. Untuk tanaman jenis merambat, pot dapat ditempatkan di bagaian bawah privacy screen dan tanaman dibiarkan merambat hingga ke bagian atas. Sementara untuk tanaman hias biasa, gunakan pot berukuran kecil atau sedang dengan penempatan yang lebih beragam. Baik dengan diletakkan pada penampang horizontal, diapit struktur, hingga digantung. 

Jika ingin menggantungnya, pastikan bobot pot dapat ditahan oleh rangka privacy screen. Ukuran pot juga penting, agar seimbang dengan rankanya. Hindari jenis tanaman yang pertumbuhannya cepat dan berkarakter tinggi agar tidak berhimpitan dengan tanaman di atasnya. 

Tanaman tinggi seperti bambu dapat dijadikan privacy screen tanpa struktur kerangka screen. Yang dibutuhkan hanya pot dengan panjang dan lebar yang sesuai dengan screen yang dibutuhkan. 

DIY Privacy Screen Dekoratif (sumber: prettyhandygirl)

  1. Pasang satu sekrup untuk menempelkan privacy screen kayu pada pagar.
  2. Gunakan waterpass untuk memastikan privacy screen rata secara vertikal.
  3. Pasang sekrup-sekrup tambahan untuk menguatkan strukturnya yang menempel pada pagar.
  4. Setelah menempel kuat pada pagar, pasang privacy screen tambahan sesuai kebutuhan dan luas ruang.
  5. Ikat pot atau botol bekas dengan menggunakan kawat besi atau tembaga pada kayu yang saling bersilangan.
  6. Isi dengan air atau tanah, kemudian tempatkan tanaman atau bunga hias di dalamnya.
  7. Letakkan secara acak hingga ke bagian atas privacy screen.
  8. Dekorasi privacy screen dapat menghasilkan aksentuasi manis di taman.
Rubrik Lainnya
loading...
Leave Comments
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi home.co.id. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.