Memilih rumah memerlukan pertimbangan yang serius. Apalagi jika harus memilih antara membangun rumah sendiri atau membeli rumah jadi.  Inilah yang membuat banyak orang bingung memilihnya. Keduanya punya kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan yang bisa Anda jadikan pertimbangan:

Kelebihan dan kekurangan membeli rumah jadi:

  1. Bisa digunakan dalam waktu cepat karena kondisinya sudah tinggal ditempati. 
  2. Perlu ketelitian dalam mengecek legalitas suratnya, apakah tanahnya dalam status sengketa. 
  3. Kita tidak tahu secara detail bagaimana pondasinya, struktur rumahnya, dan kualitas bahan bangunan yang digunakan. 
  4. Perlu renovasi, Yang namanya manusia itu kalau dikasih rumah sebagus apapun pasti akan direnovasi, meskipun dalam hal-hal kecil seperti mengubah warna cat atau sampai bongkar pasang mengganti bentuk bangunan, hal itu karena adanya perbedaan selera pada masing-masing pribadi. 
  5. Rata-rata perumahan yang baru dibangun itu mengubah tanah yang tadinya persawahan, perkebunan, pegunungan, atau bahkan pemakaman untuk dijadikan deretan rumah. Jadi lingkungan rumahnya masih tergolong baru, dengan pohon-pohon besar yang masih jarang. 
  6. Perlu menggali sebanyak mungkin informasi sejarah dari rumah tersebut, misalnya kata orang bangunan tersebut banyak hantunya sehingga penghuni sebelumnya tidak betah tinggal berlama-lama, untuk itu kita perlu informasi agar bisa menyiapkan langkah antisipasi yang terbaik.
Rubrik Lainnya
loading...
loading...
Leave Comments
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi home.co.id. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.