Karpet talang merupakan saluran air di atas atap rumah, yang ditutup menggunakam alas plastik. Manfaat utama dari karpet talang adalah untuk menampung air hujan yang jatuh di bagian atap, untuk kemudian dialirkan ke bawah. Dengan adanya material tersebut, air tidak akan langsung jatuh ke tanah ketika selesai menuruni atap. Percikan air pun tidak akan membasahi dinding.

Selain memiliki fungsi, karpet talang juga bisa jadi elemen estetika. Bagian eksterior rumah, tepatnya di area dinding dan bagian bawah atap, akan lebih menarik dengan adanya material tersebut.

Karpet talang bahkan bisa dijadikan elemen untuk memunculkan visual jeda bagi bangunan rumah yang memiliki ukuran besar dan lebarnya lebih dari 10 meter. Adanya visual jeda sendiri akan membuat tampilan dinding dan elemen lain tidak terlalu polos.

Karena berfungsi menampung air dan ditempatkan di bagian luar rumah, bahan untuk karpet talang haruslah terbuat dari material yang bersifat tahan air, tahan lama, dan anti karat.

Dalam merawat karpet talang, Anda diharuskan untuk segera melakukan perbaikan jika material ini mulai terlihat rusak. Biasanya, penyebab kerusakan sendiri dikarenakan digerogoti tikus, lapuk, dan permukaan dasar dari talang kotor. Maka dari itu, jika jika dibiarkan terlalu lama, kerusakan akan bertambah parah.

Karpet talang juga bisa rusak karena proses pemasangan awal yang tidak sempurna. Maka dari itu, teknik pemasangan talang harus diperhatikan dengan cermat, agar bisa dijadikan sebagai penampung yang sempurna ketika air hujan turun, dan tetap mengalir tanpa menimbulkan masalah.

Rubrik Lainnya
loading...
Leave Comments
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi home.co.id. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.