Mungkin masih banyak dari kita yang masih kurang paham tentang tipe-tipe rumah. Di sisi lain, pada setiap brosur perumahan yang kita dapat, terdapat deretan angka yang jadi petunjuk terkait tipe-tipe rumah yang dijual. Mulai dari 21, 36, 45/70, hingga 60/90. Sebab itulah, penting bagi kita untuk mengetahui dan memahami hal tersebut. Ini agar kita bisa memilih dan membeli rumah yang sesuai dengan keinginan.

Sejatinya, tipe rumah merupakan luas keseluruhan suatu bangunan beserta tanahnya. Nah, untuk lebih memahami terkait tipe-tipe bangunan ini, baiknya simak uraian berikut!

Tipe 21
Rumah tipe 21 merupakan model hunian mungil yang dibangun di atas lahan dengan total luas bangunan mencapai 21 meter persegi. Ukuran rumah ini biasanya memiliki luas bangunan 6 m x 3,5 m = 21 m2.

Tipe rumah ini banyak digunakan untuk hunian sederhana yang mengutamakan biaya rumah terjangkau. Rumah tipe ini umumnha mempunyai satu kamar tidur, satu ruang tamu, dan satu kamar mandi atau WC. Rumah ini cocok digunakan oleh pasangan muda.

Tipe 36
Rumah dengan tipe 36 adalah hunian yang memiliki luas bangunan 36 meter persegi. Luas itu umumnya terdiri dari panjang dan lebar yang masing-masing 6 meter persegi (6m x 6m = 36 m).

Pengunaan lahan pada rumah tipe 36 ini dapat dipadukan dengan beberapa ukuran luas tanah, seperti 60 meter persegi (36/60) dan 72 meter persegi (36/70). Interiornya terdiri dari dua kamar tidur, dua kamar mandi, dapur, dan ruang tamu.

Tipe 45
Rumah tipe ini mempunyai luas bangunan 45 meter persegi, misalnya dengan ukuran rumah 6m x 7,5 m = 45m2, sehingga disebut rumah tipe 45 pada brosur-brosur perumahan. Adapun ruangan yang ada pada rumah tipe ini adalah dua ruang tidur, satu ruang mandi, satu ruang tamu, ruang keluarga, garasi mobil, hingga teras rumah yang lumayan luas.

Rubrik Lainnya
loading...
Leave Comments
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi home.co.id. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.