Semua orang pasti ingin rumahnya aman dan nyaman. Namun, ada saja hal-hal kecil maupun besar yang dapat mengganggu kenyamanan atau bahkan membuat rumah jadi tidak aman. Seperti masalah korsleting listrik, misalnya. Terlebih, semua rumah menggunakan listrik sehingga sangat memungkinkan untuk mengalami hal tersebut.

Untuk mencegah hal ini terjadi, ada baiknya pemasangan rangkaian listrik di rumah tidak begitu saja diserahkan pada petugas pemasangan. Pemilik rumah juga sebisa mungkin turut serta karena harus kenal betul aliran listrik dan cara pemakaian listrik yang baik di rumanya. Dengan begitu, risiko korsleting pun dapat diminimalisir.

Untuk mengurangi risiko yang dapat ditimbulkan dari masalah arus listrik, ubah pula kebiasaan menggunakan alat-alat listrik yang salah di rumah. Pakai satu stop kontak untuk satu steker, dan biasakan untuk selalu mencabut steker setelah pemakaian selesai.

Hal lain yang seringkali menyebabkan korsleting listrik adalah lalai memeriksa instalasi listrik sebelum fungsinya berkurang atau rusak. Padahal, pemeriksaan rutin sebaiknya dilakukan setahun sekali, dan instalasi perlu diganti dalam jangka waktu lima tahun.

Beberapa hal di atas merupakan antisipasi akan kelayakan perangkat listrik di rumah. Dengan begitu, Anda juga dapat lebih dulu mengetahui jika ada kabel terbuka atau terkelupas, dan memperbaikinya sebelum terjadi akibat yang lebih besar.

Rubrik Lainnya
loading...
Leave Comments
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi home.co.id. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.