Ada dua model kloset yang umum digunakan orang Indonesia saat ini, yakni kloset duduk dan jongkok. Untuk sebagian besar orang yang tinggal di kota besar, kloset duduk lebih jadi pilihan karena memiliki kesan modern dan bersih. Lantas, apa itu berarti kloset jongkok kuno dan kurang bersih?

Tentunya setiap model kloset memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Mengutip Medical Daily, hasil sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Digestive Diseases and Sciences mengungkapkan bahwa posisi jongkok atau duduk saat di toilet, bisa memengaruhi kelancaran saat buang air besar.

Dalam penelitian itu juga disebutkan kalau kloset jongkok lebih higienis dibandingkan kloset duduk. Ini karena tidak terjadi kontak langsung antara tubuh dengan kloset itu sendiri. Menggunakan kloset jongkok juga dapat melatih kekuatan kaki dan otot kaki, melatih otot menahan berat badan, dan melatih otot dasar panggul.

Sedangkan kloset duduk, lebih dianjurkan karena dalam posisi duduk. Tidak banyak terjadi tarikan pada lutut sehingga lebih nyaman digunakan. Selain untuk penderita arthritis, kloset duduk juga baik untuk ibu hamil, orang tua/lansia, dan penderita obesitas karena lebih nyaman—baik di perut maupun lutut.

Kloset duduk memiliki pontensi tinggi untuk perpindahan kuman dan virus. Itu karena terjadi kontak langsung antara tubuh dan kloset, dan semakin bahaya jika kloset kurang higienis. Sedanngkan closed jongkok dapat menyebabkan arthritis atau gangguan lutut. Makanya, jenis kloset ini tidak disarankan untuk penderita arthritis. Tarikan pada lutut yang terjadi ketika berjongkok serta kondisi lutut yang mudah lelah, tidak baik untuk penderita arthritis.

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan dari masing-masing kloset, tentu kita semakin bijak dalam menentukan jenis kloset mana yang lebih baik digunakan. Pilihlah kloset sesuai kebutuhan Anda, karena pilihan toilet itu tergantung kenyamanan dari penggunanya.

Rubrik Lainnya
loading...
Leave Comments
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi home.co.id. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.