Lampion sudah jadi ornamen khas saat perayaan Imlek. Namun ternyata, selain lampion masih ada beberapa ornamen lain yang umum digunakan saat tahun baru dalam penanggalan Tionghoa tersebut. Ornamen-ornamen ini digunakan karena mampu mempercantik dan memeriahkan tampilan rumah. Di samping itu, elemen dekoratif ini juga tetap bermakna bagi mereka yang merayakan Imlek.

Beberapa ornamen yang dimaksud antara lain:

Kertas-kertas dengan tulisan "Fu".


Fu berarti hoki atau keberuntungan. Jadi, kertas Fu yang nanti bakal ditempel di dinding-dinding rumah, dipercaya akan membawa kebaikan buat para penghuninya. Dan menjelang Imlek seperti sekarang, kertas ini jadi buruan mereka yang merayakan Imlek. Pasar-pasar tertentu seperti Glodok, pun ramai dengan penjual dan pembeli ornamen tersebut. 

Lambang shio


Satu lagi yang jadi ornamen khas saat Imlek adalah hiasan berlambang shio. Bukan ke-12 shio, melainkan salah satu shio yang mewakili tahun bersangkutan. Seperti Imlek tahun ini, misalnya. Karena ber-shio anjing tanah, maka hiasan shio anjing pun jadi ornamen dan banyak dijual di pasaran. Salah satu jenis hiasan shio anjing yang terpantau paling diburu tahun ini adalah adalah gantungan.

Rubrik Lainnya
loading...
Leave Comments
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi home.co.id. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.