Dalam bidang konstruksi, dikenal sebuah material bernama compound. Oleh orang Indonesia sendiri, material ini akrab disebut kompon. Material ini memiliki banyak fungsi, salah satunya adalah sebagai perekat saat memperbaiki plafon maupun dinding gypsum.

Untuk itu, sebelum membeli dan menggunakan kompon, sebaiknya Anda tetap waspada dan mengetahui dengan pasti bagaimana ciri-ciri kompon yang berkualitas. Ini penting karena berkaitan hasil akhir dari pekerjaan perbaikan itu sendiri.

Berikut adalah langkah atau cara memilih kompon berkulitas bagus untuk dinding maupun plafon rumah.

1. Carilah kompon yang memiliki hasil akhir (finishing) baik. Dengan kata lain, kompon berkualitas baik tidak akan meninggalkan gelembung-gelembung udara, menggumpal, atau seolah tidak menyatu.

2. Pilih kompon perekat yang hanya memakan sedikit waktu dalam proses pencampuran. Selain itu, pastikan juga kompon tersebut memberikan waktu kerja yang pas.

3. Ketika proses pengerjaan sedang dilakukan, Anda dapat segera merasakan perbedaan antara kompon berkualitas baik dan tidak. Kompon berkualitas baik akan mudah "ditarik" dalam proses perataan tersebut.

4. Pastikan kompon Anda tidak susut dengan berlebihan, terutama ketika kadar air di dalam campuran kompon sudah menguap. Selain itu, kompon berkualitas baik dapat mengikat dengan kuat.

Rubrik Lainnya
Leave Comments
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi home.co.id. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.