China baru-baru ini memecahkan rekor dunia dengan membuat jembatan terpanjang di dunia dari material kaca tembus pandang. Jembatan yang diresmikan pada 2017 ini pun langsung menarik para wisatawan yang penasaran ingin melihatnya.

Secara struktur, jembatan ini terlihat sangat menakjubkan karena dibuat dari 1.077 panel kaca transparan. Tebal dari masing-masing kaca itu adalah 4 sentimeter, sehingga total beratnya mencapai 70 metrik ton. Panjang dari jembatan yang terletak di Shijiazhuang, China Utara ini mencapai 1.600 kaki dengan lebar 6,5 kaki.

Kendati menakjubkan, jembatan ini juga menakutkan dan bisa membuat orang merinding, atau bahakan lemas kaki saat menapakinya. Itu karena jembatan berbahan dasar kaca ini menggantung setinggi 700 kaki di atas lembah Hongyagu Scenic Area, Pingshan. Dengan kata lain, orang yang menapaki jembatan ini bisa melihat lansung lembah yang berada ratusan meter di bawah kakinya.

Pihak pengelola mengatakan, jembatan yang dibangun dalam waktu 18 bulan ini tahan dengan terpaan angin kencang dan guncangan gempa hingga 6 SR. Jembatan tersebut juga dirancang untuk bisa berayun sedikit saat pengunjung berjalan ke tengahnya, sehingga menciptakan sensasi bagi pengunjung.

Menurut Hebei Bailu Group, perusahaan pariwisata lokal yang membangun jembatan tersebut, jembatan kaca ini diklaim mampu menahan 3.000 orang sekaligus. Kendati demikian, pihak keamanan setempat membatasi jumlah pengunjung sebanyak 600 orang saja pada saat ini.

Dalam beberapa tahun terakhir, Negeri Tirai Bambu memang sering berinovasi dengan menciptakan jembatan yang tidak biasa. Jembatan kali ini merupakan versi terbaru dan lebih panjang dari jembatan kaca sebelumnya yang berada di Taman Nasional Tianmenshan di Zhangjiajie.

Rubrik Lainnya
loading...
Leave Comments
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi home.co.id. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.