Perkenalan Home Living dengan Rika F Pasaribu dari sebuah  pameran lukisan yang menggunakan jasanya untuk ‘menyinari’ signature painting saat itu. Pembawaannya yang ramah dan ceria membuat percakapan tentang teknik dan efek lighting dalam eksibisi yang teknis menjadi perbincangan menyenangkan. Ialah Rika F Pasaribu, sosok yang mudah merubah pembicaraan ‘berat’ menjadi ‘ringan’. “Tugas saya memang untuk mempertemukan komunikasi antara desainer dan owner untuk mencapai titik yang menguntungkan kedua belah pihak,” kata Rika F Pasaribu.

Passion to Talk with New People

Berbicara dengan Rika F Pasaribu, kita diajak mengetahui akan perusahaan yang dipimpinnya menangani suatu proyek. Dengan gamblang dan kata-kata yang ringan, ia  menjelaskan bagaimana lighting berperan dalam suatu bangunan, mulai dari pemilihan model, intensitas lampu, hingga ke proses pengadaan. Mendengar kepiawaiannya menjelaskan, tentu akan menebak sosok Rika F Pasaribu adalah seorang lighting designer. “Saya lulusan komunikasi bisnis,” ujarnya.

Ya, itulah Rika F Pasaribu yang memulai bisnis lighting design & built di bawah bendera Dots Studio sejak dua tahun silam ini. “Awalnya saya bekerja di distributor lighting untuk pemerintah dan saya pernah mengegolkan proyek dari Jasa Marga senilai 32 miliar dalam setahun,” ceritanya Rika F Pasaribu yang setelah keluar dari tempat kerjanya mendirikan usaha di bidang yang sama dengan dua rekannya yang ahli keuangan dan desain lighting. Namun kerjasama ketiganya tidak berlangsung lama, Rika F Pasaribu memutuskan menjalankan perusahaannya sendiri. “Dalam waktu dua tahun, kami sudah bisa mendapatkan berbagai proyek mulai dari high-rise building, hotel, hingga hunian. This is my passion and I wanna make something big! Saya tidak punya ilmu lighting, tapi saya tahu apa yang klien inginkan,” tegasnya.

Starting with Communication

Rika F Pasaribu menyadari bahwa kendala yang kerap timbul dalam setiap proyek yakni komunikasi antara bahasa desainer yang teknis dan bahasa klien yang umum. “Dengan komunikasi yang baik ada tiga hal yang penting, make sure well, pastikan client happy, and I am happy too,” harap Rika. Rika F Pasaribu selalu menanamkan kepada para desainer di perusahaannya untuk hadir membawa kemampuannya tidak semata-mata ‘jualan’ “Saya selalu mengutamakan komunikasi di awal. Kita harus membentuk trust, bukan dengan margin tapi silaturahmi. Bagi saya keuntungan bukan hanya materi, bisa nama dan persahabatan. Karena kita tidak pernah tahu apa yang kita butuhkan di depan,” lanjut Rika F Pasaribu.

Tidak hanya komunikasi dengan dengan klien, komunikasi internal juga sangat diperhatikan Rika F Pasaribu “Load pekerjaan merupakan salah satu hal yang menjadikan komunikasi tidak nyambung. I always challenge to understand, learning by myself, dan memperhatikan setiap detil pekerjaan yang ada,” sambung Rika F Pasaribu.

Di tengah padat aktivitasnya, Rika F Pasaribu pun selalu menyempatkan diri untuk menghibur dirinya dengan mendengarkan musik atau menonton film. “Saya memiliki speaker yang ke mana-mana selalu dibawa, bahkan hingga ke kamar mandi,” imbuh Rika F Pasaribu yang juga gemar mengeksplor tempat-tempat makan dan menginap baru. 

Rubrik Lainnya
loading...
Leave Comments
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi home.co.id. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.