Jika tidak ada yang menantang dalam proyek ini, sudah pasti Budi Pradono, arsitek terkenal ini tidak akan mau mengerjakan proyek villa Seven Havens, di kawasan pantai Selong Belanak, Lombok, Nusa Tenggara Barat. Budi Pradono mengambil bukit lain diseberangnya, sebagai sumbu orientasi villa ini. Kolam renang dengan bentuk memanjang dibuat mengikuti sumbu ini. Kamar kamar di dekatnya sedikit dibuat miring agar bukaannya menghadap ke kolam renang dan laut di kejauhan.

Material Utama Villa Yang Ramah Lingkungan

Seven Havens dibuat dari rammed earth sebagai material utama bangunan. Rammed earth adalah material campuran yang terdiri dari tanah liat, pasir, semen, air, jerami, dan bahan istimewa terakhir, kotoran ternak. Terdengar aneh? Sebenarnya tidak. Rammed earth sudah banyak digunakan di berbagai wilayah di dunia sejak jaman dulu. Kualitasnya sudah teruji dan yang paling penting ramah lingkungan. “Saya memilih rammed earth karena semua materialnya tersedia di tempat ini dan sesuai dengan kondisi cuaca Lombok,” jelas Budi Pradono.

“Justru pelancong dari luar negeri yang lebih kenal dinding rammed earth ini. Mungkin karena di tempat mereka lebih sering dijumpai, terutama di Australia,” ujar Wulan, pemilik dari Seven Havens yang saat ini berdomisili di Hongkong. Walau tinggal jauh dari Lombok, diakui Budi Pradono, Wulan sangat peduli soal desain villanya. Untuk membuat sunscreen pada bagian depan villa, Budi Pradono tetap mengacu pada ketersediaan material setempat. Budi Pradono pun memilih bambu.

Perjalanan sekitar setengah jam dari Bandara Lombok Praya tidak terasa membosankan. Meliuk-liuk mengikuti jalan yang membelah bukit, akhirnya kita bisa melihat pasir putih di pantai Selong Belanak dari kejauhan. Tujuan kita adalah salah satu bukit yang ada di dekat situ. Untuk sampai di villa ini, kita harus melalui jalan masuk menanjak dengan kemiringan lebih dari 30 derajat. Sedikit membuat gugup, tapi hanya sesaat. Kita pun tiba di pintu masuk Seven Havens, Villa yang punya pemandangan menakjubkan.

Rubrik Lainnya
loading...
Leave Comments
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi home.co.id. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.